oleh

Pantai Gading Tunjuk Herve Renard Sebagai Pelatih Baru

Federasi sepakbola Pantai Gading (FIF) telah menunjuk Herve Renard sebagai pelatih baru mereka, menggantikan Sabri Lamouchi yang mengundurkan diri selepas ketersingkiran Les Elephants di fase grup Piala Dunia 2014.

Pelatih asal Prancis berusia 45 tahun ini mampu menyingkirkan kandidat lain seperti mantan pelatih Benfica Jose Manuel de Jesus dan juga eks pelatih Rennes Frederic Antonetti yang masuk dalam daftar final setelah ketiganya disaring dari 37 pelatih yang mendaftarkan diri.

Menurut FIF, pengalaman Renard di level internasional — bersama Zambia (2008-2010 dan 2011-2013) dan Angola (2010) — membuatnya lebih dipilih ketimbang dua kompetitornya itu yang belum pernah menjadi pelatih timnas.

“Pelatih anyar akan membantu tim melewati masa transisional. Kami akan menggunakan Piala Afrika 2015 dan 2017 sebagai basis untuk menciptakan generasi baru. Kami harus sabar dan rakyat Pantai Gading tak boleh menginginkan hasil instan,” kata presiden FIF Augustin Sidy Diallo ketika memperkenalkan Renard pada Kamis (31/7).

Renard pernah menjuarai Piala Afrika 2012 bersama Zambia yang ironisnya ketika itu mengalahkan Pantai Gading di partai final. Meloloskan Yaya Toure dan kawan-kawan ke Piala Afrika 2015 di Maroko akan menjadi tugas pertama mantan pelatih Sochaux ini.