oleh

Status Tuan Rumah Piala Dunia Qatar 2022 Bisa Dicabut

www.news7up.com – Presiden UEFA Michel Platini meyakini Qatar bisa kehilangan statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 seandainya terdapat kasus korupsi dalam pencalonan negeri Timur Tengah tersebut sebagai penyelenggara turnamen akbar ini.

Pencalonan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia memang didera isu negatif. Selain karena faktor cuaca, terdapat pula tuduhan terdapat kecurangan dalam proses pencalonan Qatar dan juga minimnya kesejahteraan para pemain di negara tersebut.

Kendati Platini berharap Qatar tetap menjadi tuan rumah, ia tidak bisa memungkiri bahwa pemilihan ulang tuan rumah Piala Dunia 2022 perlu dilakukan jika tuduhan-tuduhan tersebut terbukti benar.

“Jika korupsi ini benar, maka harus ada voting baru. Saya sendiri mendukung tempat baru [untuk dijadikan tuan rumah Piala Dunia]. Dunia Arab sudah gagal bersaing menjadi tuan rumah Piala Dunia dalam tujuh kali kesempatan secara beruntun,” ujarnya.

“Jadi, ada baiknya untuk menyelenggarakan Piala Dunia di Qatar, namun saya akan melobi agar kompetisi bisa dimainkan di musim dingin. Saya tidak menyesal memilih Qatar, tapi kita lihat apa yang terjadi nanti,” tambahnya.