oleh

Prediksi Skor Italia – Jerman 1-1

 

Siaran Langsung
Sabtu, 16 November
02:45 WIB

Meski hanya bertajuk uji coba, duel klasik nan seru bakal tersaji di San Siro yang mempertemukan Timnas Italia kontra Timnas Jerman pada Sabtu (16/11) dini hari WIB. Laga ini bakal jadi rangkaian persiapan terbaik kedua negara jelang Piala Dunia 2014 di Brasil.

Dari Italia, sang pelatih Cesare Prandelli diduga kuat bakal banyak bereksperimen dalam laga ini, sekaligus mencari pemain yang pantas untuk sanggup mentas di level tertinggi. Nama baru pun dijajal, seperti Marco Parolo yang gemilang di Serie A sejak awal musim ini.

Eksperimen taktik bakal mengacu pada skema menyerang-atraktif yang diusung Prandelli. Menilik sesi latihan terakhir, mantan pelatih Fiorentina ini terus mengandalkan empat gelandang untuk menyokong daya gedor duet penyerang di lini serang.

Sempat akan menduetkan Mario Balotelli dengan Giuseppe Rossi, nama terakhir dikabarkan tak bakal bermain karena menglami gangguan cedera. Pablo Osvaldo pun didapuk untuk jadi pasangan Super Mario di lini depan kontra Jerman esok.

Variasi taktik Prandelli nampaknya bakal lebih berwarna di babak kedua karena skema 4-3-3 jadi senjata cadangan jika timnya mengalami kebuntuan. Dalam formasi itu, Alberto Gilardino yang jadi striker tunggal bakal didukung oleh Alessandro Florenzi dan Alessio Cerci di sisi kiri dan kanan.

Dari kubu Jerman, pelatih Joachim Loew bakal merayakan partai ke 100-nya menukangi Tim Panser dalam laga ini. Pria 53 tahun itu mulai jadi pelatih kepala pasca Piala Dunia 2006 menggantikan Jurgen Klinsmann. Tentu saja Leow tak ingin mencorang torehan spesial itu dengan kekalahan.

Formasi 4-2-3-1 masih jadi andalan pelatih bergaya nyentrik ini. Satu angin segar menghampiri Leow jelang laga, kala Mesut Ozil yang diragukan tampil sudah kembali berlatih penuh. Keberadaan Si Burung Hantu bakal memuluskan rotasi pergrakan Thomas Mueller, Marco Reus dan Andre Schurrle di lini serang. Sementara Toni Kroos bisa menyokong serangan dari lini tak terduga menggantikan Bastian Schweinsteiger yang tengah cedera.

Makin mundur ke belakang, Jarome Boateng tampaknya bakal lebih dipercaya untuk mengawal Balotelli ketimbang Per Matesacker. Sementara Roman Weidenfeller harus menahan diri untuk mengukir caps pertamanya bersama Tim Panser karena Manuel Neuer jelas lebih berpengalaman untuk berlaga dalam partai besar.

Menilik rekor pertemuan kedua tim, Gli Azzurri bak tabu bagi Die Mannschaft. Dari total 31 pertemuan dalam laga resmi, Italia mampu mengukir 15 kemenangan, sembilan hasil seri dan hanya menderita tujuh kekalahan. Kemenangan terakhir Nationalmannschaft atas tim Negeri Pizza didapat dalam partai uji coba yang dilangsungkan 18 tahun lalu! Bahkan Jerman tak pernah sekalipun menang atas Italia di turnamen resmi. Siapa yang bisa lupa kegagalan mereka di Piala Dunia 2006 dan Euro 2012?

Seperti biasa, menilik performa terkini dan komposisi pemain Jerman jelas lebih diunggulkan. Namun, mengutip kalimat yang sering dimunculkan para kritikus sepakbola dalam duel Italia-Jerman, “sehebat apapun Jerman dan seburuk apapun Italia, jangan berharap melihat senyum Jerman kala 90 menit berakhir.”

KEMUNGKINAN LINE-UP

 

ITALIA

Buffon
Abate, Barzagli, Bonucci, Criscito
Thiago Motta, Pirlo, Marchisio
Montolivo
Balotelli, Osvaldo 
JERMAN

Neuer
Lahm, Boateng, Hummels, Jansen
Kroos, Khedira
Reus, Schurrle, Ozil
Mueller

Prediksi : Italia 1-1 Jerman
Update: Sempat diragukan, Mesut Ozil dikabarkan siap membela Jerman dalam duel klasik ini.