oleh

Prediksi Serie A Italia: Juventus – Torino

 

Siaran Langsung
Minggu, 24 Februari
00:30 WIB
SCTV

Giornata 25 Liga Italia Serie A bakal menyajikan salah satu duel paling bersejarah di Italia. Ya, Derby della Mole antara Juventus dan Torino bakal segera digelar di Juventus Stadium, Senin (23/2) dini hari WIB.

Tak perlu kita melihat posisi di klasemen sementara karena Juve jelas unggul telak atas Torino. Rivalitas sejati kedua tim hanya akan terjadi jika mereka dipertemukan di atas lapangan. Seru, menegangkan, dan keras selalu jadi atmosfer utama Derby Turin dari edisi perdana hingga kini memasuki edisi ke-188.

Fakta menarik kemudian terkuak. Si Nyonya Tua secara adidaya tak pernah mengecap kekalahan dalam 19 tahun terakhir! Kali terakhir Juve takluk oleh Torino terjadi di kandang pada 1995. Dalam 14 bentrok yang terjadi sejak saat itu, Bianconeri hanya empat kali gagal meraih kemenangan!

Duel terakhir yang terjadi pada September tahun lalu jadi bukti tersahih. Selain Tim asuhan Antonio Conte yang kembali meraih kemenangan, momen-momen kontroversial juga muncul. Yang paling menyita perhatian adalah tekel brutal Ciro Immobile pada engkel Carlos Tevez. Kejadian itu memicu perang media diantara kedua tim selepas laga.

Jelang bentrok terbaru, La Vecchia Omcidi dipastikan bakal tampil maksimal. Meski kelelahan pasca duel Liga Europa dan belum diperkuat beberapa pilarnya yang cedera, kualitas mereka masih di atas Il Toro. Kekokohan Leonardo Bonucci, mobilitas Arturo Vidal, dan ketajaman Tevez jadi senjata utama.

Selain itu Conte tampaknya bakal menempatkan Claudio Marchisio dalam starting XI, menilik arti penting laga. Selain Gianluigi Buffon, Marchisio-lah yang paling memahami hikayat menang dari Torino.

“Sejujurnya derby melawan Torino adalah pertandingan derby yang berbeda. Kami memiliki identitas masing-masing dalam menerapkan permainan. Duel ini tak akan berlangsung mudah, meski terlihat mudah ketika menilik sejarah pertemuan. Torino tak pernah mudah dikalahkan. Mereka terus berkembang dari musim ke musim, laga akan berlangsung rumit dan menegangkan!” ujar Marchsio jelang derby.

                    Derby della Mole memiliki arti mendalam bagi Claudio Marchisio

Sementara Torino bertekad kuat mengakhiri dominasi Juve dalam 15 tahun terkahir, meski berlaga di Juventus Stadium. Seperti diketahui, Juve tak pernah kalah dalam 12 laga kandangnya musim ini. “Tak ada yang mustahil”, setidaknya anggapan itulah yang coba diapungkan sang kapten, Kamil Glik.

“Torino sedang berada di momen terbaiknya, mungkin inilah saat paling tepat bagi kami untuk pergi ke Derby della Mole. Kami harus terus fokus dan memusatkan seluruh energi di lapangan nanti. Yang terbaik akan kami lakukan, tak ada yang mustahil!” ujarnya penuh keyakinan.

Il Granata memang sedang dalam momen terbaiknya. Dalam lima laga terakhir, tim asuhan Giampiero Ventura meraup tiga kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Mereka kini duduk di tangga ketujuh klasemen dan hanya terpaut tiga poin saja dari FC Internazionale di tempat kelima. Jadi bukan hal mustahil lagi bagi Torino untuk lolos ke Eropa musim depan!

Duet Immobile dan Alessio Cerci makin padu. Ditopang Omar El Kaddouri dan Jasmin Kurtic di lini tengah, Bonucci cs kudu waspada penuh menjaga pertahanannya. Sepakan jarak jauh Giuseppe Vives juga mesti jadi perhatian khusus Buffon di laga ini. Belum lagi tusukan-tusukan Matteo Darmian dan Salvatore Masiello dari sisi lapangan.

Ah! Makin tak sabar kita menyaksikan duel seru kedua tim pada dini hari nanti. Meski bakal diselimuti beberapa momen menegangkan dan kontroversial, La Vecchia Signora rasanya bakal melanjutkan dominasi mereka lewat skor kemenangan yang tipis.

KEMUNGKINAN LINE-UP

 

JUVENTUS

Buffon
Barzagli, Bonucci, Caceres
Marchisio, Vidal, Pirlo, Pogba, Asamoah
Llorente, Tevez

TORINO

Padelli
Bovo, Glik, Moretti
Darmian, El Kaddouri, Vives, Kurtic, Masiello
Immobile, Cerci

Prediksi Goal Indonesia: Juventus 2-1 Torino
Update: Sempat diprediksi bisa merumput, Giorgio Chiellini dipastikan absen dalam Derby della Mole karena cedera yang masih melilitnya.