oleh

Barcelona bertekuk lutut

Barcelona gagal merebut kembali puncak klasemen La Liga dari tangan Real Madrid setelah ditundukkan tuan rumah Real Sociedad 3-1 di Anoeta, Minggu (23/2) dinihari WIB.

Gol penyeimbang 1-1 Lionel Messi di babak pertama, setelah torehan bunuh diri Alex Song memberikan keunggulan untuk tuan rumah, jadi tidak berarti karena selepas turun minum La Real menambah dua gol lagi melalui Antoine Griezmann dan David Zurutuza.

Kekalahan ini membuat Azulgrana kini ketinggalan tiga angka dari Madrid, yang bertanding lebih dahulu dan mengempaskan Elche 3-0 di Santiago Bernabeu.

Babak Pertama

Belum pernah kalah di kandang sendiri dari Barcelona sejak 2007, Sociedad bermain tanpa rasa gentar dan berhasil menyulitkan skuat Tata Martino memegang kendali laga.

Kendati kalah dalam penguasaan bola, serangan-serangan yang digeber La Real tampak lebih tajam ketimbang The Catalans. Pada menit ke-22 tuan rumah bahkan berhasil menggetarkan jala Victor Valdes lewat Antoine Griezmann, tapi gol tak dianggap sah lantaran wasit sudah telanjur meniup peluit tanda pelanggaran Sergio Busquets pada David Zurutuza.

Setelah mendapat sejumlah peluang, Sociedad akhirnya berhasil memimpin duluan tak lama usai laga melewati waktu setengah jam. Berawal dari situasi tendangan penjuru, Sergio Canales melepas umpan silang yang ditanduk Gorka Elustondo dan masuk ke dalam gawang usai mengenai Alex Song sehingga gol tersebut dinyatakan sebagai bunuh diri gelandag Kamerun itu.

Tersengat, Barcelona membalas instan hanya tiga menit kemudian lewat striker andalan mereka Lionel Messi. Aliran umpan-umpan pendek di depan kotak penalti Sociedad diakhiri dengan sodoran Martin Montoya yang sampai ke kaki Messi setelah Sergio Busquets melakukan “dummy”. Tanpa ampun bintang Argentina itu langsung melepas tendangan keras ke pojok bawah gawang tanpa terjangkau kiper Claudio Bravo.

Di ujung babak pertama Sociedad sejatinya memperoleh kesempatan emas untuk mengembalikan keunggulan, tapi sepakan Carlos Vela melambung tinggi meski berada dalam posisi cukup bebas.

Babak Kedua

Anak buah Jagoba Arrasate melanjutkan performa bagus mereka di paruh kedua dan kembali memimpin 2-1 tak sampai sepuluh menit selepas turun istirahat.

Bermaksud menghalau sebuah umpan panjang, sundulan Marc Bartra malah jatuh ke arah Vela, yang langsung berlari cepat dan mengirim umpan silang rendah untuk dituntaskan Griezmann.

El Barca nyaris menunjukkan respons instan lagi, tapi tandukan Gerard Pique dari situasi sepak pojok gagal membuahkan gol penyeimbang setelah ditepis Bravo.

Tidak lama kemudian, Barcelona justru ketinggalan lebih jauh setelah Zurutuza membukukan nama di papan skor. Luput dari pengawalan lini pertahanan Barca, sang gelandang serang merangsek dari belakang untuk menyambut umpan matang Griezmann dan menaklukkan Valdes dari jarak dekat.

Defisit dua gol, Martino langsung melakukan perubahan dengan menarik keluar Song dan menyuntikkan Cesc Fabregas. Alexis Sanchez juga kemudian masuk menggantikan Montoya.

Tapi pergantian tersebut gagal menghasilkan impak yang diharapkan. Barca malah terbilang beruntung tidak kebobolan gol keempat di sepuluh menit terakhir. Blunder Pique membuat Xabi Prieto dapat merebut bola dan memberikannya kepada Vela, namun penyelesaian penyerang Meksiko itu kandas oleh tiang gawang. Skor 3-1 untuk tuan rumah akhirnya bertahan hingga bubar

Susunan Pemain

Sociedad (4-3-3): Bravo; Zaldua, Mikel, Inigo, Angel; Elustondo (Ruben Pardo 90′), Bergara, Zurutuza; Canales (Ansotegui 84′), Vela, Griezmann (Xabi Prieto 74′)

Cadangan: Zubikarai; Carlos Martinez, Seferovic, Javi Ros

Barcelona (4-3-3): Valdes; Montoya (Alexis Sanchez 74′), Bartra, Pique, Adriano; Song (Fabregas 61′), Busquets, Iniesta; Pedro, Messi, Neymar

Cadangan: Pinto; Xavi, Mascherano, Tello, Dani Alves