oleh

Pemain Muda Incaran Liverpool & Barcelona Ini Siap Cetak Sejarah

www.news7up.com – Barangkali tidak ada yang istimewa jika melihat jadwal pertandingan uji coba internasional antara Norwegia dan Uni Emirat Arab 27 Agustus mendatang, tapi Martin Odegaard siap mengukir sejarah.

Penyerang Stromsgodset itu dipanggil pelatih Per-Mathias Hogmo masuk ke dalam skuat Norwegia. Jika diturunkan dalam pertandingan, Odegaard bakal menumbangkan rekor berusia 104 tahun dengan menjadi pemain termuda yang pernah tampil untuk Norwegia dalam usia 15 tahun dan 253 hari. Rekor sebelumnya dipegang Tormod Kjellsen sejak 1910 dengan mengukir debut 98 hari lebih tua daripada Odegaard.

Odegaard pernah memperkuat timnas Norwegia di level U-15, 16, dan 17, sehingga wajar kiranya jika kini mendapat peluang tampil di pentas tertinggi sepakbola internasional meski masih berusia belia.

Sebelumnya, Odegaard pernah menjalani latihan singkat di Bayern Munich dan Manchester United. Bakat dan kemampuan Odegaard bahkan mengundang ketertarikan dari klub seperti Liverpool, Real Madrid, dan Barcelona untuk menggaetnya. Namun, klub-klub top Eropa harus bersabar sambil mengamati perkembangannya. Sejak Januari 2014 Odegaard bergabung ke Stromgodset dan telah tampil dalam 14 penampilan plus mengemas tiga gol.

“Ini sesuatu yang sudah saya impikan sejak kecil. Saya melihat para pemain timnas di televisi dan senang rasanya kini bisa bersama mereka,” ujar si anak ajaib kepada Football.no.

“Saya sangat bangga bisa bermain dengan bendera di dada dan tampil mewakili negara saya.”

Rekor pemain termuda yang pernah tampil di timnas senior dipegang oleh Lucas Knecht, yang tampil untuk Mariana Utara dalam usia 14 tahun dan dua hari dalam sebuah uji coba melawan Guam, 21 tahun silam.

Penasaran dengan kemampuan Odegaard? Simak video berikut ini.