oleh

Lima Transfer Termahal Pemain dari Italia ke klub luar Serie A

5 Transfer Termahal dari Italia ke Klub Luar Negeri Sebelum Pogba

news7up.com – Ya, Manchester United harus menebus sebesar 100 juta pounds atau sekitar Rp1,7 Triliun jika ingin memulangkan Pogba kembali ke Old Tradford. Praktis, hal ini seperti menghidupkan kembali sepakbola Italia yang telah lama mati suri.

Sebagaimana diketahui pada era 1900an, sepakbola Italia memang sempat merajai sejumlah rekor transfer dunia. AC Milan, Juventus dan Inter Milan bersaing di bursa transfer untuk mendatangkan pemain bintang.

Namun di era 2000an, krisis ekonomi yang melanda dunia ternyata berdampak cukup besar terhadap sepak terjang klub Italia di bursa transfer.

Bahkan, mereka pun terpaksa menjual sejumlah pemain bintang ke luar negeri demi mendapatkan sebuah keuntungan yang cukup besar.

Berikut ini, Berita7up.com akan coba mengupas 5 transfer termahal dari Italia ke klub luar negeri sebelum Pogba.

1. Zinadine Zidane

Kiprah Zinadine Zidane bersama Juventus tidak perlu dipertanyakan lagi. Selama empat musim, pria asal Prancis itu menjadi andalan Bianconeri di lini tengah. Tercatat, Zidane mampu bermain sebanyak 151 kali dan membuat 24 gol untuk Juventus. Dia juga mendapatkan penghargaan pemain asing terbaik di Serie A. Selain itu, Zidane juga berhasil mendapatkan penghargaan pemain terbaik FIFA dan Ballon d’Or di tahun yang sama. Pada musim 2001, Real Madrid tertarik untuk merekrutnya. Los Blancos pun harus mengeluarkan dana sebesar 75 juta euro atau 46 juta pounds, sekaligus menjadikannya sebagai pemain termahal dunia ketika itu.

2. Zlatan Ibrahimovic

Penyerang asal Swedia tersebut juga pernah memegang status pemain termahal di Serie A. Ketika itu, Inter Milan merekrut Zlatan Ibrahimovic dari Juventus, yang terdegradasi ke Serie B karena kasus Calciopolli. Tak mau bermain di kasta terbawah, pemain asal Swedia tersebut memutuskan untuk menerima lamaran rival sekota saat itu, Inter Milan dengan dana sebesar 66 juta euro pada musim 2009. Ibrahimovic langsung berhasil membawa Inter menjuarai Serie A di tahun tersebut.

3. Ricardo Kaka

Keputusan AC Milan untuk mendatangkan Ricardo Kaka dari Sao Paolo pada musim 2003 memang sempat dipertanyakan. Saat itu, memang tidak banyak yang mengenalnya. Namun perlahan, gelandang asal Brasil itu mulai memperlihatkan kehebatannya. Kaka menjadi salah satu elemen penting Milan ketika berhasil menjuarai Serie A dan UEFA Super Cup. Permainan cemerlang Kaka membuat Real Madrid tertarik dan menebusnya dengan dana sebesar 65 juta pounds. Kaka memang berhasil membawa Madrid menjuarai La Liga, Copa Del Rey dan Super Copa de Espana. Sayang, Kaka tidak berhasil membawa pulang penghargaan individual seperti Ballon d’Or.

4. Edinson Cavani

Permainan pemain bernama lengkap Edinson Roberto Cavani Gomez tersebut sangat cemerlang ketika masih memperkuat Napoli. Dari 104 kali permainan bersama Napoli, pemain kelahiran Uruguay tersebut berhasil menghasilkan 78 gol. Hal ini membuat Paris Saint-Germain tertarik memboyongnya. Pada 2013, Cavani pun berhasil dibeli PSG dengan dana sebesar 64 juta euro dan menjadi pemain andalan sampai saat ini.

5. Ronaldo

Penampilan gemilang diperlihatkan pemain dengan nama lengkap Ronaldo Luiz Nazario de Lima tersebut bersama Barcelona pada musim 1996. Praktis, Inter Milan pun tertarik untuk memboyong Ronaldo ke Giueseppe Meazza. Pada 1997, pemain asal Brasil itu pun menjadi pemain termahal dunia setelah Inter menebusnya dengan dana sebesar 46 juta euro saat itu. Sayang, prestasi Ronaldo bersama Inter tidak berjalan mulus. Dia lebih banyak absen karena mengalami cedera parah.