oleh

Arsenal Lolos Playoff Liga Champions Setelah Menang 1-0 Atas Besiktas

www.news7up.com –  Arsenal sukses melewati ujian berat dari Besiktas di leg kedua playoff Liga Champions. Bermain di Emirates Stadium, Kamis (28/08), The Gunners unggul 1-0.

Secara agregat, Arsenal pun unggul 1-0 atas wakil Turki tersebut karena di leg pertama di Istanbul, mereka bermain imbang 0-0. The Gunners pun memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions musim 2014-2015 ini.

Laga berjalan keras dan seru. Pasalnya, kedua tim bermain sama-sama saling menyerang, ngotot dan cukup terbuka. Akan tetapi, Arsenal akhirnya bisa memenangi laga tersebut berkat gol tunggal Alexis Sanchez. Padahal, mereka sempat bermain dengan 10 orang pemain saja karena Mathieu Debuchy diusir wasit di babak kedua.

Babak pertama langsung dimulai dengan tempo yang cukup tinggi. Arsenal berusaha untuk langsung menekan tamunya. Namun, ternyata Besiktas juga bermain agresif dan berani menyerang.

Bola pun banyak berkutat di lini tengah. Namun, peluang emas bisa didapatkan oleh Arsenal di menit ke-9. Umpan pemain-pemain Besiktas bisa dipotong oleh Alexis Sanchez. Namun, pergerakan pemain asal Chile itu dihentikan bek-bek lawan di depan kotak penalti. Bola yang bergulir liar disambar oleh Jack Wilshere.

Ia pun menerobos kotak penalti Besiktas sebelum akhirnya melepas tendangan dengan kaki kirinya. Sayang, bola hanya sedikit melebar ke sisi kiri gawang Zengin.

Setelah itu, laga kembali berjalan alot. Bahkan, atmosfer permainan pun cukup memanas. Para pemain dari kedua kubu sangat agresif dalam memburu bola yang terlepas dari penguasaan mereka. Namun, The Gunners berada sedikit di atas angin karena bisa menekan para pemain Besiktas untuk lebih banyak bermain di dalam area pertahanannya sendiri.

Arsenal kembali mendapat peluang pada menit ke-24. Sanchez mendapat kesempatan melakukan tendangan bebas dari luar kotak penalti. Sayang, bola mengarah tepat ke pelukan kiper Besiktas.

Setelah itu, The Gunners sempat mengendurkan irama permainan mereka. Hal itu justru membuat Besiktas berkembang. Mereka mulai bisa menekan hingga jauh ke kotak penalti sang tuan rumah. Sempat terjadi insiden kontroversial di menit ke-41.

Sahan yang mendapat peluang untuk melakukan shooting terjatuh dalam kotak penalti karena terjangan Jack Wilshere dari belakang. Namun, wasit tak menganggap hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran.

Arsenal kembali tancap gas jelang laga babak pertama berakhir. Hasilnya, Alexis Sanchez berhasil membobol gawang Besiktas, sesaat sebelum sebelum turun minum. Penyerang asal Chile tersebut menuntaskan kerjasama apik yang dibangun oleh Mezut Ozil dan Wilshere dari luar kotak penalti lawan.

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 1-0 bagi Arsenal.

Skuat asuhan Arsene Wenger kemudian langsung tancap gas begitu babak kedua dimulai. Besiktas pun kembali mereka tekan hingga ke daerah pertahanannya sendiri.

Di menit ke-53, Arsenal hampir saja menggandakan keunggulannya. Aksi Wilshere berhasil membuat Sanchez mendapat kesempatan menembak dalam kotak penalti Besiktas. Namun, bola masih bisa dihalau keluar oleh pemain lawan.

Arsenal kembali mendapat peluang emas di menit ke-61. Crossing apik dari Cazorla mengarah ke tiang jauh Besiktas. Bola tersebut mengarah tepat ke Debuchy. Akan tetapi, bola sentuhannya hanya melebar ke sisi kiri gawang Zengin.

Besiktas membalas peluang tersebut pada menit ke-65. Aksi pemain pengganti, Gokhan Tore, berhasil membuat Demba Ba mendapat peluang dalam kotak penalti Arsenal. Akan tetapi, bola sepakannya justru melambung jauh dari sasaran.

Arsenal kembali nyaris mengubah angka di papan skor. Di menit ke-74, Monreal mengirim umpan matang ke dalam kotak penalti Besiktas. Bola tersebut disambut oleh sepakan Alex Oxlade-Chamberlain. Akan tetapi bola masih bisa dibendung oleh Zengin dengan cemerlang.

Besiktas akhirnya mulai bangkit setelah Mathieu Debuchy diusir wasit akibat akumulasi kartu kuning di menit ke-75. Dengan dimotori oleh Tore, klub asuhan Slaven Bilic itu berusaha terus menggedor pertahanan The Gunners.

Peluang emas akhirnya diperoleh Besiktas di menit ke 88. Crossingterukur Tore dari sisi kiri pertahan Arsenal menusuk ke arah tiang jauh. Namun, bola tak bisa disundul Demba Ba dengan sempurna dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Hingga berakhirnya empat menit tambahan waktu, Arsenal tetap bisa bertahan dengan solid dari gempuran Besiktas. Skor pun tetap bertahan 1-0 bagi keunggulan The Gunners.

Dengan hasil ini, Arsenal pun akhirnya lolos ke fase grup Liga Champions musim 2014-2015. Mereka berhasil menjaga tradisi selalu lolos ke ajang paling bergengsi di Eropa itu selama 17 tahun berturut-turut.

Susunan Pemain:

Arsenal: Szczesny; Debuchy, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Wilshere, Flamini; Oxlade-Chamberlain, Ozil (Chambers), Cazorla; Alexis.

Besiktas: Zengin; Koybasi, Franco, Gulum, Motta; Kavlak (Uysal), Hutchinson, Ozyakup; Sahan (Tore), Ba, Pektemek (Tosun).

Statistik Pertandingan: Arsenal – Besiktas

Penguasaan bola: 46% – 54%
Shots (on goal): 14 (4) – 7 (0)
Corner: 4 – 0
Pelanggaran: 14 – 13
Offside: 0 – 2
Kartu kuning: 4 – 6
Kartu merah: 1 – 0.