oleh

Laporan Pertandingan: Liverpool 4-3 Swansea City

Liverpool berhasil keluar dari Anfield dengan menggenggam keunggulan 4-3 saat menjamu Swansea City dalam lanjutan Liga Primer Inggris matchday ke-27, Minggu (23/2) malam WIB.

Dengan kemenangan ini, maka untuk sementara mereka tetap menghuni urutan keempat berkat torehan 56 poin, atau terpaut empat angka dari sang pemuncak klasemen Chelsea yang sebelum ini menang atas Everton.

Adapun, kekalahan di pertandingan kali ini menjadikan Swansea tertahan di posisi ke-12 setelah hanya mampu mengumpulkan 28 angka dari 27 laga.

Babak Pertama

Hanya dibutuhkan tiga menit bagi tim tuan rumah untuk memecah kebuntuan ketika Daniel Sturridge mampu meneruskan umpan matang Raheem Sterling yang memberi terobosan dari tengah lapangan.

Gol itu sendiri bermula setelah Angel Rangel kehilangan bola yang dicuri oleh Sterling untuk kemudian mengalirkan umpan ke depan di mana Sturridge sudah menanti. Berhadapan satu lawan satu dengan Michel Vorm, tanpa kesulitan striker asal Inggris itu membobol pertahananThe Swans.

Setelahnya, Swansea balas menyerang dengan maksud untuk menyamakan kedudukan. Di menit keenam, Wilfried Bony mendapatkan kesempatan, namun akibat tekanan dari bek Liverpool, sepakannya malah mengarah ke tribun penonton. Tak kenal menyerah, peluang kembali didapat anak asuh Garry Monk di menit ke-15, dengan Bony yang kali ini tidak mampu menggapai umpan silang Jonjo Shelvey yang berlari dari sisi kiri.

Meski mendapat tekanan seperti demikian, tim penghuni Anfield berhasil keluar dan justru memperlebar margin di papan skor di menit ke-20. Adalah Jordan Henderson dengan sepakan terarahnya ke pojok kiri gawang yang membuat tim Merseyside Merah unggul 2-0.

Akan tetapi, tak butuh waktu lama bagi Swansea untuk bangkit. Pasalnya, tiga menit berselang mantan pemain Liverpool, Shelvey, sukses memperkecil ketetertinggalan timnya dengan mengarahkan bola secara sempurna yang tak mampu diraih Simon Mignolet. Usai mencetak gol, pria berkepala plontos itu langsung meminta maaf kepada pendukung tuan rumah.

Kelengahan lini belakang Liverpool semakin terlihat saat mereka gagal menghalau aksi seorang Bony yang kemudian memperdaya Mignolet untuk kali kedua di laga ini. Golnya melalui sundulan kepala di menit ke-26 mengubah papan skor menjadi 2-2.

Adapun, sebelum kedua kubu masuk ruang ganti, tim tuan rumah menyegel keunggulan berkat gol kedua Sturridge di menit ke-36 usai memanfaatkan umpan matang Luis Suarez, yang mana menjadi akhir dari drama babak pertama yang seru ini.

Babak Kedua

Pertarungan babak kedua tak kalah serunya dengan yang terjadi di babak pertama. Terbukti, baru dua menit setelah laga kembali digulirkan, papan skor di Anfield berubah lagi. Adalah Bony yang kali ini mencetak gol keduanya di laga ini dari titik penalti setelah sebelumnya ia dilanggar oleh Martin Skrtel.

Tempo pun kemudian berubah cepat, dengan Liverpool yang melakukan serangan memanfaatkan duet Sturridge dan Suarez. Di menit ke-48, pemain bernomor punggung tujuh itu hampir saja membawa timnya kembali unggul jika Vorm tidak sigap untuk mengantisipasi tembakannya dari sudut sempit.

Adapun setelah itu, peluang tak lagi hadir sampai pertandingan memasuki satu jam. Dan di saat tersebut, Sturridge kembali mengancam gawang tim asal Wales selatan itu usai mendapati umpan dari Henderson. Namun sayang, sepakan sang penyerang masih belum menemui target.

Di saat semua mata tertuju pada Sturridge, Suarez kemudian memperlihatkan aksinya dengan menembak bola dari luar kotak penalti di menit ke-76. Bola yang ia tendang memang berhasil diblok oleh Ashley Williams, namun bola liar langsung disambar oleh Henderson untuk memperdaya Vorm dari jarak dekat.

Sisa waktu pertandingan menjadi semakin genting buat tim tamu yang tak ingin kalah begitu saja. Di sebelas menit tersisa, manajer Monk lantas memasukkan mantan penyerang Liverpool David N’Gog untuk menggantikan Nathan Dyer, dengan harapan untuk menambah daya dobrak.

Akan tetapi, semua harapannya sia-sia lantaran hingga pertandingan diakhiri timnya tak lagi mampu menjebol jala Liverpool kawalan Mignolet, dan hal tersebut berarti tiga poin krusial buat pasukan Brendan Rodgers yang mencanangkan juara Liga Primer musim ini.

Susunan Pemain

Liverpool: Mignolet; Johnson, Flanagan, Skrtel, Agger (Toure 63′); Gerrard, Henderson, Sterling (Allen 58′); Coutinho, Suarez, Sturridge (Moses 79′).

Cadangan: 
Jones, Teixeira, Aspas, Cissokho.

Swansea City: Vorm; Rangel, Chico, Williams, Taylor; Britton, De Guzman (Hernandez 73′); Shelvey (Canas 46′), Dyer (N’Gog 78′), Routledge; Bony.

Cadangan: 
Tremmel, Amat, Tiendalli, Emnes.