oleh

Xavi Minta Kapten Barcelona Tinggalkan Camp Nou

Xavi akan melakukan perubahan besar di Barcelona pada awal musim 2022/2023 nanti. Bukan hanya berencana membawa pemain baru, sang pelatih juga akan mendepak pemain yang tidak lagi masuk dalam rencananya di Camp Nou.

Xavi telah mendapatkan kepercayaan penuh dari direksi Barcelona untuk menyusun tim jangka panjang. Xavi akan melibatkan banyak pemain muda jebolan La Masia seperti Gavi, Nico Gonzalez, hingga Ansu Fati.

Pelatih 42 tahun juga berencana untuk membawa sejumlah pemain baru. Franck Kessie dilaporkan sepakat pindah ke Barcelona. Andreas Christensen dan Azpilicueta sedang didekati. Raphinha terus digoda untuk pindah ke Camp Nou.

Selain rencana membawa pemain baru, Xavi juga akan mendepak sejumlah pemain yang kini ada di skuad Barcelona. Xavi akan mewujudkan skuad yang ideal musim depan. Lantas, siapa saja pemain yang akan didepak Xavi menurut AS?

Sergi Roberto

Posisi: Bek kanan/Gelandang
Usia: 30 tahun
Klub peminat: Atletico Madrid

Roberto adalah kapten ketiga Barcelona musim ini. Tapi, situasi kontraknya cukup pelik. Kontraknya habis pada 30 Juni 2022 dan belum ada kesepakatan baru. Barcelona punya Sergino Dest untuk posisi bek kanan dan Roberto mungkin akan dilepas.

Clement Lenglet

Posisi: Bek Tengah
Usia: 26 tahun
Klub peminat: Arsenal

Lenglet sudah dilaporkan bakal dilepas pada Januari 2022 lalu. Tapi, dia memilih bertahan. Xavi lebih percaya pada Araujo dibanding Lenglet. Bek asal Prancis akan dilepas pada awal musim depan karena kalah bersaing. Arsenal bisa jadi pilihan klub baru Lenglet.

Samuel Umtiti

Posisi: Bek Tengah
Usia: 28 tahun
Klub peminat: –

Umtiti adalah bagian dari skuad Timnas Prancis saat juara Piala Dunia 2018. Tapi, tiga musim terakhir, Umtiti jadi pesakitan di Barcelona. Dia tidak punya kesempatan bermain pada era Koeman dan berlanjut era Xavi. Umtiti tidak punya masa depan di Barcelona.

Martin Braithwaite

Posisi: Penyerang
Usia: 30 tahun
Klub peminat: –

Braithwaite menjadi pemain kunci Barcelona pada era Ronald Koeman. Tapi, dia tidak punya peluang untuk merebut satu tempat di lini depan pada era Xavi. Braithwaite harus bersiap mencari klub baru musim depan.

Luuk De Jong

Posisi: Penyerang
Usia: 31 tahun
Klub peminat: Sevilla

Luuk De Jong akan kembali ke Sevilla karena masa peminjamannya usai. Barcelona punya opsi pembelian permanen, tetapi diyakini tidak akan menebusnya. Kiper apik Aubameyang jadi alasan Barcelona tidak tertarik pada De Jong lagi.

Oscar Mingueza

Posisi: Bek Tengah/Kanan
Usia: 22 tahun
Klub peminat: –

Barcelona bakal surplus bek tengah musim depan. Christensen datang dari Chelsea. Araujo dan Pique masih akan jadi pilihan. Mingueza akan jadi korban walau masih punya kontrak hingga Juni 2023. Mingueza tidak masuk dalam rencana Xavi.

Riqui Puig

Posisi: Gelandang
Usia: 22 tahun
Klub peminat: AC Milan

Xavi tidak terlalu terkesan dengan aksi Riqui Puig. Walau punya bakat yang besar, Puig kesulitan mendapat tempat di utama sejak promosi ke tim utama. Barcelona mungkin akan meminjamkan Puig ke klub lain musim depan.

Neto

Posisi: Kiper
Usia: 32 tahun
Klub peminat: –

Barcelona akan memulangkan Inaki Pena musim depan. Xavi sangat terkesan dengan aksi Pena bersama Galatasaray. Neto sendiri hanya menjadi kiper kedua sejak bergabung dengan Barcelona pada 2019 lalu.