oleh

Willy Caballero Atau Joe Hart, Yang Pantas Jadi Kiper Utama Manchester City?

www.news7up.com – Manuel Pellegrini mengungkapkan tak akan menetapkan secara khusus siapa yang akan menjadi pilihannya menjadi penjaga gawang utama Manchester City di musim ini.

Itu berarti pelatih Citizen tersebut akan membiarkan Joe Hart dan Willy Caballero beradu kemampuan untuk mendapatkan kepercayaan bermain di setiap laga timnya di musim ini.

Untuk laga terakhir City, yaitu melawan Arsenal di Community Shield, Caballero tampil sebagai starter, tapi tak bisa dikatakan menunjukkan kesan positif karena gawangnya jebol tiga kali.

Joe Hart yang berada di bangku cadangan sesekali tersenyum kecil melihat penampilan pesaingnya itu.

Tapi, satu laga saja tak bisa menentukan siapa di antara mereka yang pantas dipercaya berada di bawah mistar gawang City. Joe Hart juga musim lalu tampil buruk yang membuatnya sempat tergeser dari posisi penjaga gawang utama.

Lalu, sejauh apa peluang keduanya menjadi opsi utama Pellegrini sebagai kiper utama City?

Merujuk pada musim lalu, baik Joe Hart mau pun Caballero menunjukkan performa yang tak bisa dikatakan buruk. Keduanya termasuk salah satu penjaga gawang terbaik di kompetisi masing-masing.

Menurut Opta, Joe Hart tak masuk dalam sepuluh besar penjaga gawang yang tampil bagus di musim lalu. Setidaknya ada 12 kiper yang tampil sedikit di atas kiper tim nasional Inggris tersebut secara statistik.

Sementara Caballero termasuk salah satu dari lima penjaga gawang terbaik di La Liga Spanyol musim lalu. Dalam hal penyelamatan, Caballero (128) hanya kalah dari Keylor Navas (160) dan Esteban (149), tapi dalam dua musim jumlah penyelamatannya terbanyak (253) dibanding rivalnya.

Joe Hart, di sisi lain, melakukan 149 penyelamatan di dua musim terakhir. Hal ini bisa dikatakan karena kualitas pertahanan Manchester City jauh lebih baik dibanding Malaga.

Namun demikian, dengan 57 penyelamatan lebih sedikit dibanding Caballero musim lalu, Hart (71) telah kemasukan 30 gol dari 31 penampilan. Sementara Caballero hanya 46 kali kecolongan. Kiper Argentina itu juga menghadapi lebih banyak tendangan (176) ketimbang Joe Hart (99).

Dengan kualitas rival yang kurang lebih sama, baik Joe Hart dan Caballero bisa mendapat keuntungan dari persaingan ini, yaitu kualitas mereka akan meningkat dengan sendirinya.

Sekarang tinggal menunggu siapa di antara kedua kiper tersebut yang akan menjadi pilihan utama Pellegrini sebagai penjaga gawang utama City di musim ini.

Menurut Anda, siapa yang pantas?