oleh

Widodo C Putro: Kami Berhasil Manfaatkan Kelemahan Lawan

Menurut Widodo, para pemain sukses memanfaatkan kelemahan fisik para pemain inti Persisam.


GOALLIPUTAN   HAMZAH ARFAH     DARI   GRESIK   


Di luar prediksi banyak pihak, Gresik United akhirnya mampu membawa pulang raihan poin sempurna dari markas Persisam Samarinda. Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Segiri, Minggu (28/7) malam tersebut, Gresik United mampu menang dengan keunggulan tipis 2-1.

Keberhasilan ini menurut pelatih Gresik United Widodo Cahyono Putro, lebih dikarenakan kesuksesan para pemainnya dalam memanfaatkan kelemahan fisik para pemain inti Persisam, yang baru saja melakoni laga bersama timnas Indonesia. Intensitas kian bertambah, begitu pertandingan memasuki babak kedua.

“Tiga pemain Persisam yakni, M Roby, Ferdinand [Sinaga] dan Bayu Gatra, sudah pasti dalam kondisi fisik yang kurang sempurna, usai membela Timnas. Dan hal ini ternyata bisa dimaksimalkan para pemain saya dalam melakukan serangan balik cepat ke gawang lawan, yang tidak mampu mereka imbangi dengan baik,” ujar Widodo kepada Goal Indonesia.

Tuan rumah unggul lebih dulu melalui eksekusi penalti Lancine Kone, selepas laga berjalan setengah jam. Wasit menunjuk titik putih, menyusul pelanggaran yang dilakukan oleh Agus Indra Kurniawan terhadap Bayu Gatra.

Namun menjelang babak pertama berakhir, Gresik United berhasil membungkam pendukung tuan rumah setelah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Umpan matang yang disodorkan oleh Siswanto, berhasil disambut dengan baik oleh Matsunaga Shohei untuk menaklukkan kiper Fauzi Toldo.

Dan puncak klimaks, terjadi pada menit ke-83. Di mana wasit ganti memberikan hadiah penalti kepada Gresik United. Penalti diberikan menyusul pelanggaran yang dilakukan Sumardi terhadap Siswanto di kotak terlarang. Diogo Santos yang dipercaya sebagai eksekutor, sukses menjalankan tugasnya dengan baik, dan mengubah skor menjadi 2-1 yang bertahan sampai pertandingan selesai.

“Di awal-awal pertandingan, Persisam memang begitu digdaya. Kita nyaris kebobolan banyak, untung jelang babak pertama berakhir kami mampu mengatasi keadaan dengan mencetak gol penyeimbang. Dan bersyukur, kami akhirnya mampu memenangkan laga kali ini. Kemenangan ini sangat menguras tenaga dan emosi,” sambung Widodo gembira.

Kendati menelan kekalahan, posisi Persisam tidak mengalami perubahan di klasemen sementara. Mereka tetap berada di peringkat kedelapan dengan koleksi nilai 41 dari 29 pertandingan, dan tetap berada di bawah Persiram Raja Ampat yang unggul selisih gol. Sebaliknya, kemenangan juga tidak memberikan pengaruh besar terhadap posisi Gresik United. Mereka tetap tertahan di peringkat kesembilan dengan 40 poin.

“Masih banyak pertandingan di depan, kami harus fokus dan tidak boleh terlena dengan hasil ini. Semoga kemenangan ini, mampu meningkatkan mental anak-anak sebelum melawat ke kandang Mitra Kukar,” pungkasnya. (gk-43)


Sepakbola Indonesia - Garuda Di Dadaku >> Halaman Khusus Sepakbola Indonesia
>> Berita Sepakbola Indonesia Lainnya
>> Semua Klub ISL & Panduan 2013
>> Semua Berita Indonesia Super League
>> Klasemen Indonesia Super League
>> Jadwal & Hasil Indonesia Super League
>> Jadwal – Hasil – Klasemen Divisi Utama
>> Semua Berita Indonesian Premier League
>> Jadwal – Hasil – Klasemen Indonesian Premier League