oleh

Wasit Kontroversial Inggris Pimpin Final Liga Europa

Final Liga Europa akan tersaji di National Stadium , Warsawa , Polandia 27 Mei 2015. Dalam laga ini akan saling jegal wakil Spanyol yang juga juara bertahan , Sevilla kontra wakil Ukraina Dnipro Dnipropetrovsk.

Jelang laga ini , UEFA mendaulat wasit asal Inggris , Martin Atkinson , sebagai pengadil dalam duel Sevilla versus Dnipro.

Wasit 44 tahun ini mendapatkan lisensi dari FIFA pada 2006. Ia telah memimpin pertandingan internasional sebanyak 67 kali. Ia juga memimpin 8 pertandingan Liga Champions musim ini.

Atkinson dikenal sebagai sosok wasit yang kontroversial. Di ajang Premier League , keputusan kontroversial pernah dibuatnya. Tak ayal , ia sering diprotes pemain dan pelatih.

Pada 2009 , Atkinson mengesahkan gol Michael Owen pada menit 96 dalam laga derby Mancester United versus Manchester City. Atkinson mengesahkan gol tersebut , padahal waktu perpanjangan hanya 4 menit.

September 2010 , keputusan kontroversial Atkinson memberikan keuntungan bagi Everton. Everton yang tertinggal 1-3 dari Manchester United, berhasil mencetak 2 gol di injury time. Namun , saat MU tengah menyerang , Atkinson tiba-tiba meniup peluit tanda pertandingan usai.

Berikutnya pada 2011 , Atkinson kembali berurusan dengan manajer MU , Sir Alex Ferguson , saat itu. Keputusannya memberikan penalti bagi tuan rumah Chelsea di menit 80 , dianggap Fergie merugikan MU. Sebelumnya , Atkinson tak mengusir David Luiz , menyusul pelanggaran keras terhadap Wayne Rooney.

Yang terbaru , keputusan kontroversial Atkinson mengusir Steven Gerrard dalam laga Liverpool kontra Manchester United , Maret lalu. Atkinson mengusir Gerrard yang baru masuk di babak kedua , usai melanggar keras Ander Herrera.