oleh

Total Sudah 4,3 triliun Rupiah Biaya Belanja Pemain Klub Inggris

Baru Sepekan Berjalan, Klub Liga Inggris Sudah Habiskan Dana Total 4,3 triliun Rupiah

news7up.com – Baru sepekan bursa transfer musim panas berlangsung, klub-klub di Liga Primer Inggris sudah boros mengenai perkerutan pemain. Total, sudah ada 300 juta euro atau sekitar  Rp 4,3 triliun  yang harus dikeluarkan dari kas klub untuk membeli pemain incaran.

Salah satu penyebab membengkaknya pengeluaran dari para peserta di kompetisi tertinggi di Inggris itu disebabkan oleh meningkatnya uang yang didapat dari penyiaran stasiun televisi. Masing-masing klub akan mendapat sekitar 30-50 juta pounds dari kontrak terkait penayangan laga di televisi.

Artinya, dengan bertambahnya keuangan klub, sebuah tim akan leluasa menentukan pemain yang akan dibeli untuk musim depan. Itu juga yang menyebabka harga pemain jadi melambung tinggi.

Menurut laporan dari Inggris, stasiun TV seperti Sky telah menandatangani kontrak senilai 4,2 miliar poundsterling untuk menyiarkan laga selama tiga musim kedepan. Selain Sky, masih ada BT Sports yang meneken kontrak senilai 960 juta poundsterling dengan durasi yang sama.

“Sudah pasti kontrak dengan TV akan berpengaruh pada pengeluaran klub-klub tersebut,” ujar pengamat finansial sepakbola, Rob Wilson

“Tren ini sedang berlangsung dari 2-3 tahun yang lalu. Namun kami tidak menyangka bahwa kali ini harga pemainnya melonjak drastis. Sangat mengejutkan,” tambah Wilson.

Manchester United menjadi tim yang terboros setelah mengeluarkan dana sebesar 56 juta pounds hanya untuk membeli Henrikh Mkhitaryan dan Eric Bailly. Tetangganya, Manchester City, juga telah merogoh kocek sebesar 43,8 juta pounds untuk menggaet Ilkay Guendongan dan Nolito.

Juara musim lalu, Leicester City, juga menghabiskan banyak uang demi persiapan untuk berlaga di Liga Champions musim depan. Leicester memecahkan rekor transfernya dengan merekrut striker CSKA Moscow, Ahmed Musa, dengan mahar 16 juta poundsterling. Selain Musa, Leicester juga merekrut gelandang Nampalys Mendy dari OGC Nice dan kiper Ron-Robert Zieler dari Hannover 96.

Klub-klub promosi juga gencar dalam urusan ini. Middlesbrough telah menebus pemain tengah Marten de Roon dari Atalanta dengan harga 12 juta poundsterling dan membeli winger berbakat asal Denmark, Viktor Fischer, dari Ajax Amsterdam.