oleh

Timnas U-23 berhasil membobol gawang Sri Lanka lima gol

Timnas Indonesia U-23 berhasil menuai kemenangan atas Sri Lanka U-23, skor 5-0, dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Minggu (30/3) malam. Ini merupakan kemenangan kedua dari tiga uji coba yang sudah dilakoni timnas U-23 selama persiapan menuju Asian Games 2014.

Pada uji coba pertama, timnas U-23 berhasil menaklukkan Malaysia U-21, 3-0. Sedangkan di uji coba kedua mereka hanya bermain imbang 2-2 dengan Persis Solo.

Sementara itu, tiga gol timnas U-23 diborong oleh Aldair Makatindu pada menit keenam, 25, dan 30. Sementara dua gol tambahan dilesakkan Fandi Eko Utomo (13), dan Ramdani Lesaluhu (45+1).

Babak pertama

Jalannya pertandingan memang langsung dikuasai skuat yang dilatih Aji Santoso ini sejak menit awal laga. Lini tengah timnas yang dimotori Rasyid Bakri, Dedi Kusnandar, Ramdani Lestaluhu, serta Novri Setiawan, tampil leluasa dalam memainkan bola di pertahanan lawan.

Skema penyerangan bola dari kaki ke kaki yang diperagakan dari sisi sayap maupun tengah membuat barisan pertahanan Sri Lanka U-23 kewalahan. Hasilnya, pertandingan baru berjalan enam menit, timnas U-23 langsung unggul 1-0 melalui sepakan dari luar kotak penalti Aldair Makatindu.

Meski telah unggul, Alfin Tuasalamony dan kawan-kawan tetap memberikan tekanan bertubi-tubi ke gawang Sri Lanka. Hingga akhirnya, kerja sama satu-dua yang diperagakan Ramdani dan Fandi Eko pada menit ke-13 berhasil diakhiri menjadi sebuah gol oleh Fandi.

Keunggulan timnas U-23 bertambah. Itu setelah, akselerasi Novri Setiawan dari sisi kanan pertahanan Sri Lanka, yang kemudian melepaskan umpan tarik berhasil dimanfaatkan oleh Aldair pada menit ke-25. Lima menit kemudian, Aldair kembali mencetak gol untuk mengubah kedudukan menjadi 4-0.

Satu menit sebelum turun minum, Ramdani kembali membobol gawang Sri Lanka untuk kelima kalinya pada babak ini. Skor 5-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, timnas U-23 masih menguasai jalannya pertandingan. Beberapa pergantian pemain juga dilakukan Aji dengan memasukkan Syakir Sulaiman, Loudry Setiawan, Syaiful Indra Cahya, hingga Ridho Nur Cahyo.

Namun meski tetap mengendalikan permainan, para pemain timnas U-23 kali ini kesulitan menembus gawang Sri Lanka. Itu juga tak lepas dari disiplinnya para pemain Sri Lanka di babak kedua.

Beberapa peluang memang dihasilkan timnas U-23. Salah satunya, Novri Setiawan yang sudah berhadapan dengan kiper Sri Lanka masih gagal mencetak gol pada menit ke-75. Begitu pula tendangan Syakir pada menit ke-84 juga masih menyamping di sisi kiri gawang Sri Lanka.

Skor 5-0 bertahan hingga wasit Handri Kristanto meniup peluit akhir tanda pertandingan usai.