oleh

Timnas U-16 Petik Kemenangan Pertama Piala AFF

Timnas U-16
Timnas U-16

Tim nasional Indonesia U-16 mengawali perjalanan mereka di Piala AFF 2013 dengan baik setelah mencatat kemenangan telak 4-0 atas Laos dalam pertandingan Grup B di Stadion Wunna Theikdi, Rabu (21/8).

Garuda Muda menjadi tim ketiga yang mencetak empat gol di turnamen ini. Sebelumnya, Australia dan Vietnam juga melakukan hal serupa ketika mengalahkan Kamboja dan tuan rumah Myanmar.

Dalam pertandingan yang berlangsung di bawah guyuran hujan lebat, duel antara Indonesia dan Laos berlangsung sengit. Laos lebih dulu mendapatkan peluang pada menit ke-15, namun tendangan Amone Phimchanthaphone masih bisa dihalau bek Dandi Abdulhak.

Indonesia memberikan respon, dan akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-29. Umpan silang Dimas Ahmad disambut Riyanto untuk menaklukkan penjaga gawnag Saymanolinh.

Sukses menjebol gawang lawan menumbuhkan kepercayaan diri pemain Indonesia. Tim besutan Mundari Karya ini kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-37 melalui gol Gatot Wahyudi.

Unggul dua gol membuat Indonesia lebih nyaman di babak kedua. Setelah memberikan assist di babak pertama, Dimas selanjutnya mencatatkan namanya di papan skor untuk mengubah kedudukan menjadi 3-0 pada menit ke-51.

Laos makin kesulitan mengembangkan permainan, dan Indonesia memastikan kemenangan 4-0 pada menit ke-71 melalui gol pemain pengganti Habel Siegers menyambut sepak pojok.