oleh

Tiga Laga Duel Seru Tersaji di Akhir Pekan Ini

www.news7up.com – Fans sepakbola akan dimanjakan akhir pekan ini dengan tiga pertandingan derby sekaligus yang terjadi di dua liga top Eropa, Liga Primer Inggris dan Bundesliga Jerman.

Liverpool akan berjumpa dengan Everton. Kedua tim tengah dalam krisis defensif di awal Liga Primer musim ini. Selain itu, keduanya juga harus berbagi konsentrasi menjalani jadwal antarklub Eropa tengah pekan depan. Di Bundesliga, Schalke 04 sekali lagi harus menghadapi seteru abadi mereka, Borussia Dortmund. Kedua tim masih terjebak di papan tengah klasemen akibat serangkaian hasil tak memuaskan di lima pertandingan awal. Puncaknya, Arsenal bakal kedatangan Tottenham Hotspur. Laga ini juga menjanjikan persaingan yang ketat serta berpeluang mencetak skor yang dramatis.

Tiga pertandingan itu secara beruntun akan digelar Sabtu (27/9) dan ini dia uraian singkat kenapa laga-laga tersebut tidak boleh Anda lewatkan.
 

DERBY MERSEYSIDE


  

Siaran Langsung
Sabtu (27/9)
18:45 WIB

RIWAYAT PERTEMUAN Banyak penggemar yang bilang ini derby yang bersahabat. Secara geografis dan emosional, kedua klub memiliki kedekatan yang sangat erat. Hanya Stanley Park yang memisahkan markas kedua tim dan bahkan Everton pernah pula menggunakan Anfield sebagai tempat mereka bertanding sebelum pindah ke Goodison Park. Tragedi Hillsborough juga makin mendekatkan fans kedua klub. Selain itu, lintas dukungan banyak terjadi di antara anggota keluarga kota pelabuhan berpopulasi hampir 500 ribu jiwa itu.

Namun, hasil derby lebih “bersahabat” bagi Liverpool. The Reds mendominasi 15 perjumpaan terakhir.

Derby kali ini merupakan perjumpaan yang ke-223 bagi kedua tim.

FAKTA PERTEMUAN

  • Liverpool hanya kalah sekali dalam 15 Derby Merseyside terakhir di Liga Primer.
  • Everton hanya pernah sukses mencetak lima gol dalam 12 pertandingan Liga Primer di Anfield.
  • Kemenangan terakhir Everton di markas Liverpool terjadi 15 tahun lalu dan sejak itu rekor mereka adalah tujuh kali imbang dan tujuh kali kalah.
  • Hanya sekali Liverpool mampu menjaga gawang tidak kebobolan dalam 11 laga Liga Primer terakhir.
  • Mario Balotelli hanya sukses mencetak satu gol dalam 19 penampilan terakhir di Liga Primer meski mencatat total 37 kali tembakan.

MOMEN YANG DINANTI Siapa pemain terakhir yang mencetak hat-trick dalam Derby Merseyside? Steven Gerrard. Apakah mungkin rekor tersebut terulang akhir pekan ini? Apakah akan terjadi banjir gol dalam derby ini?

Fokus perhatian fans ada pada sektor pertahanan dua rival sekota ini. Liverpool membukukan rekor selisih gol minus satu dalam lima pertandingan, sedangkan Everton minus dua. Siapa yang lebih mungkin mendulang banyak gol dalam pertemuan nanti?

Eks kiper Everton Neville Southall mendesak agar manajer Roberto Martinez bermain menyerang. Alasannya, sudah terlalu lama Everton menanti kemenangan dalam Derby Merseyside. Membekuk Liverpool juga berarti dapat mengangkat moral tim yang sedang tersuruk karena baru mampu mengemas satu kali kemenangan musim ini.

Liverpool dalam kondisi waspada. Diakui manajer Brendan Rodgers, mereka kehilangan sumber gol sepeninggal Luis Suarez ke Barcelona. Dengan gaya rambut barunya Mario Balotelli menjadi tumpuan serangan tim. Kemenangan juga diincar Liverpool untuk dijadikan motivasi sebelum menjalani laga Liga Champions menghadapi Basel tengah pekan depan.

 

REVIERDERBY


  

Siaran Langsung
Sabtu (27/9)
20:30 WIB

RIWAYAT PERTEMUAN Laman resmi Bundesliga melukiskan perjumpaan kedua tim tak ubahnya seperti pertemuan antara batu bara dan baja. Berasal dari distrik industri Lembah Ruhr, analogi itu dengan tepat melukiskan aroma persaingan Schalke dan Dortmund. Schalke merupakan klub yang berbasis pendukung para pekerja tambang batu bara, sedangkan Dortmund dikenal sebagai produsen baja. Tak pelak Revierderby adalah pula pertarungan dua identitas yang saling bertolak belakang.

Revierderby kali ini merupakan edisi yang ke-85 sepanjang sejarah Bundesliga.

FAKTA PERTEMUAN

  • Huub Stevens menjadi pelatih yang paling banyak menjalani Revierderby sebanyak  18 kali pertandingan.
  • Di sisi pemain, pemain Schalke Klaus Fichtel memegang rekor 24 penampilan derby. Dari Dortmund, Michael Zorc, menjadi yang terbanyak dengan 13 kali.
  • Pencetak gol terbanyak Revierderby adalah striker Dortmund Lothar Emmerich yang menyarangkan sepuluh gol. Jumlah itu dua kali lipat dari catatan Klaus Fischer, Olaf Thon, Kevin Kuranyi, dan Gerhard Kleppinger di kubu lawan.
  • Rekor kemenangan terbesar dipegang Dortmund dengan skor 7-0, yang diukir 26 Februari 1966. Sementara, rekor terbaik Schalke adalah 6-1 pada 10 Desember 1985.
  • Jens Lehmann menjadi satu-satunya kiper yang mampu mencetak gol dalam Revierderby.

MOMEN YANG DINANTI Aroma Jepang mewarnai Revierderby kali ini. Atsuto Uchida akan berhadapan langsung dengan Shinji Kagawa. Derby juga bukan pengalaman baru bagi keduanya. Uchida telah memasuki musim kelima bersama Schalke, sedangkan Kagawa bakal kembali merasakan sengitnya Revierderby setelah sempat hijrah ke Manchester United.

Siapa yang bakal menentukan hasil derby? Schalke dalam kondisi waspada karena kehilangan Benedikt Howedes akibat cedera dan Julian Draxler akibat sanksi kartu. Dortmund mungkin lebih berpeluang tampil ganas karena sedang berjuang mengangkat grafik permainan. Pierre-Emerick Aubameyang tengah gemilang awal musim ini dan bisa saja dia menjadi pahlawan derby.

 

DERBY LONDON UTARA


  

Siaran Langsung
Sabtu (27/9)
23:30 WIB

RIWAYAT PERTEMUAN Pertemuan ini lazim dijuluki Derby London Utara. Persaingan kedua tim dimulai 101 tahun silam ketika Arsenal pindah dekat dengan lokasi markas Tottenham. Rivalitas kian dipicu ketika pada 1919 Divisi Satu menambah jumlah tim peserta. Melalui pemungutan suara Arsenal, saat itu di Divisi Dua, memperoleh tempat di Divisi Satu. Perolehan suara mereka mengungguli Tottenham, yang menempati peringkat ke-20 Divisi Satu.

Sejak 1950, hanya satu musim tidak terjadi Derby London Utara di kompetisi tertinggi sepakbola Inggris. Pemain yang berpindah di antara kedua klub kerap mendapat hinaan dari para pendukung. Sol Campbell menjadi contoh paling nyata dan kini ada pula Emmanuel Adebayor, sekaligus memegang rekor sebagai pemain paling berpengalaman dalam derby.

Derby London Utara ini akan menjadi edisi ke-179 bagi kedua tim.

FAKTA PERTEMUAN

  • Empat dari lima laga pertemuan terakhir dimenangkan Arsenal dengan dua kali skor 1-0 dan dua kali skor 5-2.
  • Tottenham hanya pernah menang sekali dalam 21 laga tandang Liga Primer saat menghadapi Arsenal.
  • Dalam 15 perjumpaan terakhir, Arsenal mencetak 38 gol. Kali terakhir mereka gagal menjebol gawang Spurs terjadi November 1998.
  • Musim lalu, Arsenal mengumpulkan 25 poin (M8 S1 K1) dari sepuluh pertemuan melawan klub sekota di London.
  • Enam dari tujuh poin Spurs musim ini dipetik dari klub asal London.
  • Emmanuel Adebayor menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah derby ini dengan mencetak sepuluh gol. Delapan saat masih berseragam Arsenal dan dua untuk Spurs.

MOMEN YANG DINANTI Apakah krisis cedera mengakibatkan hilangnya dominasi Gunners dalam 21 kali pertemuan kandang terakhir menghadapi Spurs?

Mathieu Flamini disiapkan menjadi full-back darurat setelah cedera yang menimpa Mathie Debuchy dan Nacho Monreal. Kesiapan kondisi Per Mertesacker dan Kieran Gibbs juga tengah ditunggu Arsene Wenger. Di sisi kanan, Calum Chambers bakal bereuni dengan manajer Spurs, Mauricio Pochettino, yang memberinya kesempatan debut di Liga Primer semasa berseragam Southampton.

Pertanyaan paling penting yang ditunggu jawabannya adalah bagaimana cara Wenger memainkan Mesut Ozil dan Alexis Sanchez dalam formasi timnya?

Sementara, Spurs masih mencari ritme musim ini. Para pemain pun masih beradaptasi dengan gaya kepelatihan dan gaya bermain yang diinginkan Pochettino.

Hasil-hasil dramatis kerap mewarnai derby ini, seperti misalnya skor 5-4, 4-4, dan 5-2. Akankah kembali terjadi akhir pekan ini?