oleh

The Blues lolos ke semi-final dengan dramatis setelah menang 2-0 di Stamford Bridge.

Dramatis! Chelsea lolos dari lubang jarum dan menekuk Paris Saint-Germain dua gol tanpa balas di Stamford Bridge dinihari tadi (9/4). Mereka membalas kekalahan 3-1 di leg pertama dan melaju ke semi-final Liga Champions berkat keuntungan gol tandang. Satu pencapaian luar biasa juga dari Jose Mourinho yang memperpanjang rekor selalu lolos dari perempat-final kompetisi ini.

Gol pertama Chelsea dicetak oleh Andre Schurrle di paruh pertama dan PSG mencoba menanggapinya dengan strategi parkir bus. Malang bagi tim tamu, mereka harus kebobolan di menit 87 setelah Demba Ba menaklukkan Salvatore Sirigu.

Babak pertama
Performa menit awal Chelsea menghadirkan angin positif di Stamford Bridge. Mereka tampak solid di belakang dan hadirnya Eto’o sedikit menghidupkan lini depan mereka. Pergerakan Oscar, Eden Hazard, dan Willian pun cukup menjanjikan walau belum memberikan hasil nyata.

Di menit ke-20, ada sedikit masalah bagi Chelsea. Gelandang kreatif mereka, Hazard, mengalami cedera dan terpaksa digantikan oleh Schurrle. Daya gedor Chelsea sedikit berkurang karena eksplosivitas Hazard tak hadir dalam diri Schurrle dan PSG tampak nyaman menguasai laga, setidaknya untuk meraih hasil imbang dengan ketahanan lini belakang mereka.

Tak lama berselang, Salvatore Sirigu melakukan penyelamatan gemilang di gawang PSG. Kiper No.1 PSG itu menggagalkan sepakan bebas Frank Lampard serta sepakan David Luiz berurutan. Gawangnya tetap bersih, seiring Chelsea masih mencari peluang untuk menang.

Menit 32, secercah harapan hadir di hadapan Chelsea. Schurrle yang menggantikan Hazard mampu memanfaatkan tandukan Luiz dengan baik. Sang gelandang melepas tembakan voli yang mengarah ke sudut gawang Sirigu, enam pemain belakang yang berkumpul di kotak penalti gagal menutup pergerakannya. Skor 1-0 untuk Chelsea dan peluang terbuka di hadapanThe Blues. Serangan Chelsea semakin hidup setelah gol terjadi, tapi keunggulan satu gol bertahan hingga jeda.

Babak kedua
Sepuluh menit babak kedua berlangsung, Chelsea langsung membuat ketar-ketir pertahanan PSG yang tampak solid di 30 menit awal babak pertama. Tak tanggung-tanggung, dua sepakan langsung menghantam mistar PSG dua kali. Yang satu lahir dari sepakan Schurrle, satunya lagi dari sepakan bebas Oscar. Setidaknya mistar gawang jadi penyelamat PSG di awal paruh kedua ini.

Tampak tertekan, terutama kehilangan pijakan di lini tengah, Laurent Blanc akhirnya menggantikan Marco Verratti dengan Yohan Cabaye. Berniat sedikit memperteguh lini tengah, ternyata Cabaye gagal memberikan dampak positif. Momentum masih menjadi milik Chelsea malam ini.

Laga berlanjut dengan dominasi serangan Chelsea. Wajar, mereka mencoba untuk mencetak gol kedua, namun PSG menghadapi mereka dengan strategi parkir bus yang cukup merepotkan. Ruang gerak Oscar, Schurrle semakin sedikit karena banyaknya pemain di depan kotak penalti PSG.

PSG juga mendapat satu kesempatan emas lewat serangan balik. Saat itu, Cabaye memberikan umpan lambung akurat ke jalur lari Cavani. Penyerang Uruguay ini sukses menguasai bola dan berhadapan dengan Cech seorang. Sayang, sepakannya melebar.

Sepuluh menit jelang bubaran, Jose Mourinho menggantikan Oscar dengan Fernando Torres. Strategi offensif coba dilayangkan oleh Mou yang sebelumnya telah memasukkan Demba Ba. Alhasil, spekulasinya berbuah manis saat Ba mencetak gol kedua Chelsea. Mou pun tampak masuk ke lapangan setelah gol terjadi, mencoba memberikan instruksi pada pemainnya. Dukungan dari para fans Chelsea pun semakin deras dan keras, seiring The Blues melaju ke semi-final Liga Champions!

SUSUNAN PEMAIN
Chelsea: Cech; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Luiz, Lampard; Willian, Oscar, Hazard; Eto’o
Cadangan: Schwarzer, Cole, Kalas, Mikel, Schurrle, Ba, Torres

PSG: Sirigu; Jallet, Alex, T Silva, Maxwell; Verratti, Motta, Matuidi, Lucas; Cavani, Lavezzi
Cadangan:  Douchez, Marquinhos, Digne, Van der Wiel, Cabaye, Menez, Pastore