oleh

Ternyata Bola Buatan Indonesia yang dijual di Old Trafford Inggris

news7up.com – Bagi penggemar sepak bola tentunya sudah familiar dengan klub sepak bola asal inggris,  Manchester United.

Setiap club sepak bola di Inggris menamai kandangnya masing-masing. MU menamai kandangnya dengan sebutan Old Trafford yang terletak di Sir Matt Busby Way, Manchester, Inggris. Old trafford berdiri sejak 1910. Wow, sudah lebih dari seabad, ya?

Dengan kapasitas 80.000 penonton, Old Trafford  merupakan stadion terbesar yang dimiliki club di Inggris Raya dan masuk dalam urutan terbesar kedua kategori stadion sepak bola di Inggris.

Karena sering memenangkan pertandingan dari masa ke masa, MU makin terkenal dan makin banyak penggemarnya. Menurut berita yang dilansir BBC serta website resmi  MU, pada tahun 2012 fans MU berjumlah 659 juta orang yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Kepopuleran MU menjadikan Old Trafford masuk urutan pertama stadion yang banyak dikunjungi di Eropa. Tak heran, saat cuaca dingin menusuk tulangpun tidak menyurutkan  pengunjung untuk datang ke sini. Seperti yang saya lakukan ketika musim dingin beberapa waktu lalu.

Bola made in Indonesia di Old Trafford 

Selain wisatawan/pengunjung bisa melakukan tur berkeliling stadiun Old Trafford, pengunjungpun bisa membeli cindera mata di sini. Toko suvernir Old trafford bernama Mega Store.

Tidaklah mengherankan dinamakan Mega Store karena areanya luas, jenis dan barang yang dijualnya banyak. Bahkan Mega Store diklaim sebagai toko suvenir terbesar diantara toko suvenir club sepak bola lainnya di  Inggris.

Lebih dari 800 jenis produk dijual di sini. Mulai dari suvenir kecil seperti gantungan kunci, mug, syal hingga jersey, jaket dan sebagainya.

Harga yang ditawarkan sangat bervariasi. Mulai yang termurah sekitar £2 atau sekitar 36.000 rupiah untuk sebuah pensil berlogo MU. Hingga jaket MU seharga nyaris £100 atau sekitar 1,8 juta rupiah.

Dari sekian banyak jenis barang yang dijual, kaos bola mendominasi Mega Store ini. Uniknya kaos-kaos dan jacket ini mayoritas buatan asia. Dulu, beberapa tahun yang lalu, saya menemukan kaos MU made in Indonesia namun sayangnya, kini saya tidak menemukan lagi jersey MU made in Indonesia. Malah jersey MU didominasi oleh buatan Vietnam. Sungguh disayangkan.

Namun demikian, masih ada satu yang membanggakan. Bahwa, bola sepak berbahan kulit dan berlogo MU ini salah satunya dibuat di Indonesia. Ya, bola made in Indonesia ada di Mega Store Old Trafford. Harganya £15 atau sekitar 270.000 rupiah.

Semoga kedepannya tak hanya bola sepak made in Indonesia saja yang bisa mejeng di sini, tapi juga produk-produk lainnya. Seperti jersey (lagi), jaket , sepatu bola dll