oleh

Susahnya membuat jadwal liga Serie A Italia

Menyaksikan laga tiap laga Serie A Italia di setiap pekannya menjadi hal yang mudah. Tapi untuk menentukan laga mana saja yang akan dilangsungkan di setiap giornata tidaklah demikian.

Lega Calcio sampai harus meminta bantuan komputer untuk bisa menentukan laga di setiap pekannya. Itu pun nantinya akan kembali diricek untuk menghindari kesalahan.

Ya, ada banyak variabel yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan tim mana yang akan bertanding di kandang di giornata pertama hingga 38, dan siapa yang menjadi lawannya.

Belum lagi laga internasional yang mendapat prioritas khusus di kalender kompetisi domestik.

Singkatnya, mengatur jadwal kompetisi Serie A tak ubahnya memainkan permainan Sudoku di awal musim, dengan tingkat kesulitan ‘expert’.

Ada pun variabel yang harus dipertimbangkan, seperti yang sudah dirilis Lega Calcio, antara lain:
1. Laga kandang dan tandang
Di empat laga terakhir, laga kandang akan diselingi dengan partai tandang.
Tak ada dua laga secara berturut-turut yang dilangsungkan di kandang mau pun tandang di setiap paruh musim.
Jika memang ada dua laga berturut-turut di kandang mau pun tandang, salah satunya harus dilangsungkan sebagai laga kandang dan lainnya tandang.
Klub di bawah ini tak boleh memainkan laga di kandang sendiri pada pekan yang sama, yaitu Cagliari-Udinese, Chievo-Hellas Verona, Genoa-Sampdoria, FC Internazionale-Milan, Juventus-Torino, Lazio-Roma dan Parma-Sassuolo.
Di setiap laga, acara di kota atau pun sekitar stadion juga harus menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan kapan laga dilangsungkan.
Di kota yang memiliki dua klub Serie A (Genoa, Milan, Turin dan Verona), penentuan laga kandang akan disesuaikan dengan musim 2012/13.
Klub yang memainkan laga terakhir away di Serie A 2012/13 harus melakoni laga pertama di musim 2013/14 dengan bertindak sebagai tuan rumah.

2. Mengkombinasikan dua tim di satu pertandingan
Di pertengahan pekan, tidak dimungkinkan pertemuan di antara klub seperti Inter, Juventus, Milan, Napoli dan Roma, demikian juga derbi Genoa, Roma, Turin dan Verona.
Derbi lokal di Genoa, Milan, Roma, Turin dan Verona tidak boleh dilangsungkan di pekan pertama atau terakhir dan harus dilangsungkan di pekan yang berbeda pada tiap derbinya.
Terlepas dari dua poin di atas, tidak ada yang namanya unggulan dalam pengundian, jadi setiap klub bisa berhadapan satu sama lain di pekan pertama atau terakhir.
Tidak boleh ada pengulangan laga (pertandingan yang sama di pekan yang sama) dari kalender kompetisi musim 2011/12 dan 2012/13.
Tim yang bertemu di pekan pertama musim 2012/12 dan 2012/13 tak boleh bertemu lagi di pekan pertama musim 2013/14.
Tim yang juga bertemu di pekan terakhir musim 2012/12 dan 2012/13 tak boleh bertemu lagi di pekan terakhir musim 2013/14.
Tim yang berpartisipasi di Liga Champions tak boleh dipasangkan dengan klub yang ambil bagian di Liga Europa pada giornata enam, sembilan, 13 dan 16.

Dengan variabel di atas, tertarik untuk membuat analisa mengenai kalender kompetisi Serie A Italia 2013/14?