oleh

Sunderland mempermalukan Chelsea lewat skor 2-1 di Stamford Bridge

Sunderland melanjutkan kejutannya dengan menghempaskan Chelsea lewat skor 2-1 di Stamford Bridge, dalam lanjutan Liga Primer Inggris matchday 35, Minggu (20/4) dini hari WIB.

The Black Cats sekaligus mengakhiri rekor 78 laga tak terkalahkan Jose Mourinho bersama Chelsea di Stamford Bridge. Dengan hasil ini The Blues bakal semakin sulit mengejar ketertinggala mereka dari Liverpool untuk merengkuh gelar juara Liga Primer Inggris.

Babak Pertama

Bermain di Stamford Bridge, Chelsea tampil penuh percaya diri. Manajer tim, Jose Mourinho mengistirahatkan beberapa pilarnya, termasuk sang kiper, Petr Cech. Mark Schwarzer jadi orang kepercayaannya dalam laga ini di bawah mistar.

Meski didominasi tuan rumah, peluang pertama diperoleh Sunderland pada menit ketujuh, melalui penetrasi ciamik Connor Wickham. Beruntung, Gary Cahill begitu sigap mengehentikannya sebelum membuat Schwarzer kerepotan.

Tak kunjung memperoleh peluang karena kokohnya pertahanan The Black Cats, Chelsea akhirnya sukses memecah kebuntuan melalui peluang pertama mereka di menit ke-12. Berawal dari sepak pojok yang dieksekusi Willian, dengan cerdik Samuel Eto’o menyepak bola dengan mantap dan mengubah keadaan menjadi 1-0 untuk tuan rumah!

Terlena dengan keunggulan tersebut, tim tamu memberikan reaksinya lima menit berselang. Sepakan Mikel Alonso yang dengan sukses dihalau Schwarzer, berhasil dimanfaatkan Wickham yang berhasil lolos dari jebakan offside, untuk menyamakan level keadaan.

Tandukan Branislav Ivanovic menyambut sepak pojok Willian yang masih mampu ditangkap Monnone, jadi momen penutup paruh pertama yang berkesudahan imbang 1-1.

Babak Kedua

The Blues meningkatkan tempo permainannya untuk mengincar gol kedua. Garis antar lini duo gelandang tengah, Ramires dan Nemanja Matic, dinaikkan agar serangan yang dilancarkan lebih efektif. Mobilitas Oscar dan Mohamed Salah juga terlihat lebih rajin.

Tuan rumah lantas memperoleh peluang pertama mereka di babak kedua pada menit ke-49. Eto’o menyelseaikan penetrasi ciamiknya dengan sepakan keras dari jarak 21 yard. Namun bola tipis saja berada di sisi kiri gawang Mannone.

Memasuki menit ke-49, Ibrahim Ba yang jadi pahlawan dalam dua laga terbaru Chelsea nyaris membawa Chelsea unggul. Umpan satu-duanya dengan Willian hampir saja berakhir manis andai sepakannya tak melebar. Sunderland sungguh dibuat kelimpungan di babak kedua ini.

Tapi siapa sangka, Mukjizat datang bagi tim tamu pada menit ke-83. Satu sentuhan konyol Azpilicueta di sisi kiri pertahanan mampu direbut Jozy Altidore. Merengsek masuk ke kotak penalti, bek asal Spanyol itu dengan ceroboh melancarkan tekel telak pada Altidore. Wasit pun menunjuk titik putih! Fabio Borini kemudian dengan tenang sukses mengeksekusi penalti untuk membawa Sunderland unggul 2-1!

Chelsea coba mengejar ketertinggalan mereka di sisa tujuh menit laga. Namun segala kans yang dimiliki Fernando Torres, Ba, dan Willian gagal berbuah gol. Akhirnya Sunderland keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1. Kekalahan ini jadi akhir rekor 78 laga tak terkalahkan Jose Mourinho di Stamford Bridge!

Susunan Pemain

Chelsea: Schwarzer; Ivanovic, Cahill, Terry (c), Azpilicueta; Ramires, Matic; Willian, Oscar, Salah; Eto’o
Sunderland:
 Mannone, Vergini, Alonso, Brown, O’Shea (c), Cattermole, Colback, Larsson, Johnson, Borini, Wickham