oleh

Spanyol Akan Berhadapan Dengan Italia di 16 Besar Euro 25 Juni 2016

Laga bigmatch dipastikan tersaji di babak 16 besar Piala Eropa yang mempertemukan Spanyol melawan Italia. Seperti apa rekor pertemuan kedua tim?

news7up.com – Sebagai runner-up Grup D, Spanyol akan menghadapi Italia yang sudah dipastikan menjadi juara Grup E. Empat tahun lalu Spanyol dan Itala juga bertemu di Piala Eropa 2012. Kedua tim dua kali bertemu, di babak grup dan laga final.

Ketika itu Spanyol dan Italia bermain imbang 1-1 di babak Grup C. Gol Antonio Di Natale pada menit ke-61, berhasil disamakan Cesc Fabregas hanya berselang tiga menit.

Italia dan Spanyol kembali bertemu di babak final Piala Eropa 2012. Kali ini Spanyol sukses melumat Gli Azzurri empat gol tanpa balas pada laga final yang berlangsung di Stadion Olimpiade Kiev, 1 Juli 2012.

Empat gol Spanyol ketika itu diciptakan David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata. Spanyol pun merebut gelar Piala Eropa keduanya setelah mengalahkan Italia di final.

Kedua tim dipastikan saling bertemu di 16 besar setelah Spanyol gagal merebut status juara Grup D. La Roja dikalahkan Kroasia 1-2, Rabu (22/6/2016) dini hari WIB di Stade de Bordeaux.

Italia memang masih menyisakan satu laga lagi melawan Irlandia. Tapi, dengan poin enam, Azzurri dipastikan menjadi juara grup E. Sebelumnya, UEFA sudah membuat skema laga babak knock-out dimana juara Grup E akan berhadapan dengan runner-up Grup D.

Skema lengkap babak knock-out atau 16 besar yang sudah ditentukan UEFA adalah sebagai berikut:

Runner-up Grup A vs Runner-up Grup C
Pemenang Grup D vs Posisi 3 Grup B/E/F
Pemenang Grup B vs Posisi 3 Grup A/C/D
Pemenang Grup F vs Runner-up Grup E
Pemenang Grup C vs Posisi 3 Grup A/B/F
Pemenang Grup E vs Runner-up Grup D
Pemenang Grup A vs Posisi 3 Grup C/D/E
Runner-up Grup B vs Runner-up Grup F

Lantas, seperti apa head-to-head Italia dan Spanyol? Kedua tim ternyata memiliki rekor pertemuan yang imbang, yakni sama-sama meraih 10 kemenangan dan 14 imbang dari 34 pertemuan.

Italia mampu mencetak 40 gol sementara Spanyol hanya 16 gol dari 34 pertemuan. Di luar pertandingan persahabatan, Italia hanya mencetak satu gol dalam empat pertemuan terakhir dengan Spanyol. Jika dilihat dari laga kompetitif saja, kemenangan terakhir Italia adalah semifinal Piala Dunia 1994 dengan skor 2-1.

Setelah itu, kedua tim bermain imbang 0-0 di Piala Eropa 2008 (Spanyol menang adu penalti), 1-1 di penyisihan grup Piala Eropa 2012 dan Italia kalah 0-4 di final Piala Eropa 2012.

Italia dan Spanyol akan berebut satu tiket perempatfinal, Senin (27/6/2016) di Stade de France.