by

Sergio Ramos, Bek Tengah Paling Produktif

Mungkin terdengar aneh bahwa top scorer nomor dua Real Madrid di bawah Karim Benzema musim ini adalah seorang bek tengah, Sergio Ramos. Bukan berarti penyerang lainnya buruk, hanya Ramos memang istimewa.

Kapten Los Blancos ini sudah mencetak 9 gol di La Liga 2019/20. Untuk lebih memahami konteksnya, jumlah itu sama dengan torehan Alvaro Morata (Atletico Madrid) dan lebih banyak dari Antoine Griezmann (Barcelona).

Sejak sepak bola dilanjutkan kembali beberapa pekan lalu, Ramos pun tetap produktif dengan empat gol. Dua di antaranya datang dari titik putih, yang menyempurnakan catatan 19 penalti sempurna miliknya.

Angka-angka itu seharusnya sudah cukup menegaskan kualitas Ramos sebagai salah satu bek terbaik sepanjang masa.

Teranyar, ketika mencetak gol semata wayang timnya untuk mengalahkan Getafe pada Jumat (3/7/2020) kemarin, Ramos pun mencatatkan sejumlah rekor. Itu adalah pertandingan ke-450 dan gol ke-70 Ramos di La Liga.

Ramos pun berada di urutan keempat dalam daftar legenda Madrid dengan jumlah pertandingan terbanyak. Dia hanya kalah dari Raul Gonzalez (741), Iker Casillas (725), dan Manolo Sanchis (710).

Sekarang, dengan 11 gol di semua kompetisi, musim ini adalah musim paling produktif Ramos. Dia hanya butuh selangkah lagi untuk mencatatkan rekor tak lazim lainnya.

Jika bisa mencetak dua gol lagi, Ramos bakal mencapai total 100 gol. 3 gol di antaranya untuk Sevilla, dan sisanya untuk Real Madrid.