by

Salah, Mane, Mahrez Siapa yang Pantas Jadi Pemain Terbaik Afrika 2019

JAKARTA – Tiga pemain dari liga Premier saat ini telah terpilih untuk memperebutkan gelar pemain terbaik Afrika. Dua bintang Liverpool Mohamed Salah dan rekannya, Sadio Mane harus bersaing dengan pemain Manchester City, Riyad Mahrez untuk mendapat gelar itu.

Mohamed Salah berpeluang mendapatkan gelar ketiga beruntun sebagai pemain terbaik di Afrika. Hal tersebut diharapkannya bisa mengikuti jejak mantan pemain PSG, George Weah yang telah menjadi presiden Liberia.

Selama dua tahun terakhir, gelar itu memang dimiliki oleh pemain asal Mesir itu. Meski nyatanya, pemain sayap asal Aljazair, Mahrez juga mendapatkannya pada 2016 lalu, ketika ia masih membela Leicester.

Akan tetapi, di atas kertas Mane dinilai lebih mendekati Salah sebagai pesaingnya kali ini. Lebih lanjut, Mane telah mencetak gol penting sepanjang 2019, bahkan membantu Senegal mencapai final Piala Afrika, meski menelan kekalahan dari Aljazair. Dengan tiga golnya, Mane menjadi top scorer untuk bangsanya di turnamen tersebut.

Sementara itu, untuk kategori pemain wanita terbaik Afrika tahun ini, mengerucutkan tiga pemain. Yaitu, Pemain Kamerun Ajara Nchout, pemain depan Nigeria, dan pemain depan Barcelona Asisat Oshoala, serta pemenang tahun lalu Thembi Kgatlana dari Afrika Selatan. Dalam prosesnya, para pemenang akan diumumkan dalam upacara di Hurghada, Mesir, pada 7 Januari mendatang.

Mantan bintang Barcelona Samuel Eto’o dan Yaya Toure adalah beberapa pemain yang sempat mengangkat hadiah itu empat kali. Sementara George Weah dan Abedi Pele menang di tiga kesempatan.