by

Roberto Firmino Tetap Penting Bagi Liverpool

Ada sebuah fakta yang belum diketahui banyak orang. Bomber Liverpool, Roberto Firmino, ternyata belum pernah mencetak gol dalam setiap pertandingan yang dilangsungkan di Anfield musim ini.

Sebagai informasi, pria berkebangsaan Brasil tersebut sudah mencatatkan total 42 penampilan bersama Liverpool di semua kompetisi. Dari sejumlah laga tersebut, ia mampu menghasilkan 10 gol dan 12 assist.

Namun ada satu fakta yang menarik. Dari 10 golnya yang tercipta sampai sekarang, Firmino belum pernah sekalipun membuat fans yang memadati Anfield bersorak. Semuanya ia ciptakan sewaktu the Reds sedang bertandang ke markas lawan.

Ia bahkan tidak turut membubuhkan namanya di papan skor saat Liverpool sukses menumbangkan Bournemouth pada akhir pekan kemarin. Dua gol tim asuhan Jurgen Klopp tersebut dicetak oleh Mohamed Salah dan Sadio Mane di babak pertama.

Torehan ini sedikit mengkhawatirkan, namun Jamie Redknapp selaku eks pemain Liverpool tidak merasa demikian. Baginya, Kontribusi Firmino tetaplah penting kendati dirinya belum lagi mencetak gol di Anfield musim ini.

“Liverpool sedang menuju ke gelar juara pertamanya setelah 30 tahun dan kemenangan atas Bournemouth hari Sabtu lalu adalah yang ke-22 kalinya secara beruntun di kandang – rekor baru untuk ajang papan atas Inggris,” ujar Redknapp kepada Daily Mail.

“Dan meski begitu, di tengah semua ini, No.9 mereka, Roberto Firmino, belum pernah mencetak gol di Anfield pada musim 2019/20. Betapa luar biasanya itu?” lanjutnya.

Redknapp kemudian menjelaskan bagaimana peran seorang No.9 di era sepak bola zaman sekarang. Tidak lagi melulu soal mencetak gol, No.9 bertugas untuk memberikan suplai bola serta memberi ruang bagi rekan-rekan setimnya mencetak gol.

“Ini menunjukkan cara calon juara Premier League menggunakan Firmino sebagai penghubung serta pentingnya keahlian winger di masa sekarang untuk mencetak gol dan membuat assist,” tambah Redknapp.

“Firmino menjemput bola, menciptakan ruang buat pemain lain, menghubungkan serangan dan membuat kesempatan bagi rekan setimnya yang suka menusuk ke dalam,” pungkasnya.

Hal ini terbukti dengan perolehan gol bomber Liverpool lainnya, Mohamed Salah dan Sadio Mane. Kedua striker tersebut sudah mencetak masing-masing 20 dan 18 gol dengan kesempatan tampil yang lebih sedikit dari Firmino.