by

Ricardo Malaiholo, Bek Belanda Berdarah Indonesia

Ricardo Malaiholo merupakan salah satu nama calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Berikut kami akan menyajikan 3 fakta sang pemain.

Malaiholo merupakan bek keturunan Indonesia yang memulai karier sepak bola juniornya bersama klub Liga Belanda, PEC Zwolle U-17.

Penampilan apiknya di level junior membuat nama Malaiholo masuk ke dalam skuat senior. Itu tak terlepas dari penilaian sang pelatih tim utama.

Pada musim 2011/12 lalu, Malaiholo pun masuk ke dalam skuat senior Zwolle, yang saat itu tengah berjuang untuk promosi ke kasta tertinggi sepak bola Belanda, Eredivisie.

Namun menurut Soccerway, Malaiholo tidak mendapatkan satu kali kesempatan untuk bermain di tim senior Zwolle. Ia hanya satu kali masuk ke dalam daftar pemain cadangan.

Itu terjadi ketika Zwolle berhasil membantai habis Dordrecht dengan skor 5-0. Setelah itu, Malaiholo tak pernah lagi masuk ke dalam daftar pemain Zwolle di Eerste Divisie 2011/12.

Situasi ini akhirnya membuat Malaiholo lebih sering bermain bersama tim junior Zwolle. Bermain di Eerste Divisie U-21 2012/13, Malaiholo menjadi bagian penting Zwolle U-21. Dirinya dipercaya untuk bermain sebanyak 21 kali dalam satu musim.

Terlepas dari itu, 3 fakta calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ricardo Malaiholo.

Serba Guna

Malaiholo nyatanya memiliki kemampuan untuk memainkan berbagai posisi. Hal ini menjadi salah satu keunggulan pemain berusia 26 tahun tersebut.

Selain menjadi seorang bek kanan, ia juga pernah dimainkan sebagai bek kiri, bek tengah, gelandang bertahan, gelandang tengah, hingga pemain sayap kanan.

Namun saat ini posisi terbaiknya yang ia mainkan adalah bek kanan. Posisi itu terbilang cukup cocok untuk Malaiholo, mengingat dirinya punya kemampuan bertahan dan menyerang yang cukup apik.

Juara Eerste Divisie

Kendati tak pernah tampil di tim senior, Maliholo tercatat dalam daftar pemain saat Zwolle menjadi juara Eerste Divisie musim 2011/12 lalu.

Zwolle sukses menempati posisi puncak di klasemen akhir kasta kedua Liga Belanda dengan koleksi 72 poin, hasil dari 22 kemenangan, enam hasil imbang dan enam kali kalah.

Hasil manis itu membuat Zwolle pun berhak mendapatkan satu tempat di Eredivisie pada musim berikutnya. Menurut Soccerway, Malaiholo pun tetap dicantumkan ke dalam daftar pemain senior.

Pernah Hadapi Pemain Berdarah Indonesia

Salah satu pemain berdarah Indonesia yang pernah dihadapi langsung oleh Malaiholo adalah Vinnie Vermeer. Itu terjadi ketika Malaiholo menjadi bagian dari klub Go Ahead Eagles U-21.

Sedangkan Vermeer terdaftar sebagai pemain NAC Breda U-21. Pada pertandingan pekan ke-3 Eredivisie U-21 tersebut, Malaiholo dkk. harus tumbang 1-3 di markas lawan.