oleh

Real Madrid bantai Borussia Dortmund 3-0

Satu kaki Real Madrid sudah berada di babak semi-final pasca menghempaskan Borussia Dortmund lewat skor telak  3-0, pada leg pertama perempat-final Liga Champions, Kamis (3/4) dini hari WIB.

Unggul berkat gol cepat Gareth Bale di menit ketiga dan ditutup dengan Isco di babak pertama. Madrid akhirnya memastikan kemenangan telak 3-0 lewat torehan sang mega bintang Cristiano Ronaldo.

Babak Pertama

Bermain di hadapan publiknya sendiri, Santiago Bernabeu, Real Madrid tampil penuh percaya diri dan amat mendominasi pertandingan sejak sepakan mula dilakukan. Tusukan-tusukan yang berasal dari kedua winger mereka, yakni Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, jadi andalan Carlo Ancelotti.

Hasilnya langsung berbuah di menit ketiga! Berawal dari pergerakan Dani Carvajal di sisi kiri pertahanan Borussia Dortmund. Bek muda asal Spanyol itu lantas mengirim umpan pada Gareth Bale yang menusuk masuk ke dalam kotak penalti lawan. Tanpa ampun pemain termahal dunia itu sukses menaklukkan Roman Weidenfeller dengan sontekan emasnya, untuk mengubah keadaan menjadi 1-0 bagi tuan rumah.

Unggul satu gol, serangan Los Blancos sama sekali tak menurun. Konsistensi tekanan dilancarkan hingga menempatkan para penggawa Dotmund dalam tekanan. Ronaldo dua kali tercatat melepaskan tembakan jarak jauh yang nyaris menggandakan keadaan. Sayang, tembakan bintang Portugal itu tipis meleset dari sasaran.

Tak berhenti menyerang, datangnya gol kedua pun tak bisa dielakkan pada menit ke-27. Berawal dari pergerakan Ronaldo di sisi kanan pertahanan Dortmund, kemelut pun terjadi. Satu kesalahan fatal di sini tatkala para penggawa Dortmund membiarkan Isco berdiri sendiri. Menerima bola liar, pemain berusia 21 tahun ini dengan mudah menceploskan bola ke gawang Weidenfeller, untuk menambah keunggulan Madrid menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol, Die Borussen mulai menemukan irama permainannya pasca setengah jam jalannya laga. Mereka berhasil keluar dari tekanan dan ganti menekan Madrid. Peluang terbaik dimiliki Pierre-Emerick Aubameyang di menit ke-41. Sayang, sepakan keras dari sudut sempitnya masih melambung di atas mistar. Tak ada momen berarti setelahnya, skor 2-0 untuk Madrid pun bertahan hingga jeda.

Babak Kedua

Di paruh kedua permainan berjalan lebih seimbang. Dortmund berusaha memberikan reaksinya untuk mengejar ketertinggalan dua gol. Tiga menit babak kedua berjalan, Aubameyang nyaris saja memperkecil keadaan. Tembakan mendatarnya memanfaatkan sodoran Marco Reus tipis saja di sisi kanan gawang Iker Casillas.

Tujuh menit berselang tim tamu kembali mendapat kans memperkecil keadaan. Melalui skema serangan balik, Reus yang mengirim umpan silang kepada Aubameyang, menyodorkan kepada Henrikh Mhkitaryan yang langsung melakukan sepakan keras! Sayang hanya membuahkan sepak pojok.

Meski mengalami sedikit tekanan, kedigdayaan Los Galaticos di Bernabeu kembali mereka tampakkan. Berawal dari kesalahan umpan Piszcek, bola jatuh di kaki Luca Modric yang langsung memberikan umpan matang untuk diselesaikan dengan sempurna oleh Ronaldo di mulut gawang! 3-0 untuk Madrid di menit 57.

Torehan rekor dibukukan Ronaldo di laga ini, dengan menyamai catatan 49 gol milik Alfredo Di Stefano di kompetisi Eropa. Selain itu ia juga berpeluang menyamai rekor sembilan gol beruntun Ruud van Nistelrooy saat membela Manchester United.

Tertinggal 3-0, Dormund bermain lebih lepas dan frontal melancarkan serangan. Peluang terbaik dimiliki Reus pada menit ke-73. Sepakan kerasnya dari jarak dekat secara luar biasa mampu dimentahkan Casillas dengan sekali pergerakan.

Skor 3-0 untuk Madrid pada akhirnya bertahan hingga pertandingan usai. Dengan hasil ini bisa dikatakan satu kaki tim asuhan Ancelotti sudah berada di babak semi-final.