oleh

RB Leipzig, Klub Bundesliga yang Akan Jadi kuda Hitam Liga Champions Musim Ini

LIVERPOOL – Liverpool, Ajax dan RB Leipzig merebut posisi pemimpin klasemen sementara di grupnya, setelah matchday keempat penyisihan Grup E hingga H Liga Champions, digelar Rabu (6/11) dini hari WIB.

Barcelona jadi satu-satunya tim yang berhasil mempertahankan posisi puncak di grupnya, kendati gagal meraih tiga poin penuh saat menjamu Slavia Praha.

Sementara Liverpool menggusur Napoli dari puncak Grup E, Leipzig mengambil alih pucuk Grup G dari tangan Zenit St. Petersburg dan Ajax di Grup H diuntungkan hasil pertandingan lain.

Dari Grup E, meski mengistirahatkan banyak pemain kunci ketika menjamu wakil Belgia KRC Genk di Anfield, Liverpool masih bisa menang 2-1. Sementara itu pada pertandingan lain, talenta muda Erling Haaland kembali menahbiskan statusnya sebagai top skor sementara Liga Champions musim ini dengan menyarangkan bola dari titik putih ke gawang Napoli di San Paolo.

Sayangnya, Red Bull Salzburg gagal meraih tiga poin penuh akibat gol Hirving Lozano untuk tuan rumah dan skor akhir menjadi 1-1.

Hasil kedua pertandingan tersebut membuat Liverpool menanjak ke puncak klasemen dengan raihan sembilan poin, menggusur Napoli (8) ke urutan kedua. Salzburg (4) yang menempati posisi ketiga masih terbuka peluangnya untuk lolos, sedangkan Genk (1) dipastikan tersingkir karena tidak mungkin mengejar jarak tujuh poin dalam dua pertandingan tersisa.

Di Grup F, Barcelona yang menjamu Slavia Praha di Camp Nou harus puas dengan skor imbang nirgol kala laga usai.

Di pertandingan lainnya, Borussia Dortmund menggelar orkestra kebangkitan luar biasa saat mereka membalikkan ketertinggalan dua gol menjadi kemenangan 3-2 atas tamunya Inter Milan di Signal Iduna Park.

Lautaro Martinez dan Matias Vecino membawa Inter unggul 2-0 hingga babak pertama usai, namun Achraf Hakimi mengemas dwigol diselingi gol lain milik Julian Brandt demi mengantarkan kemenangan Dortmund.

Hasil itu tak mengubah posisi di klasemen Grup F. Barcelona di puncak dengan delapan poin, diikuti Dortmund (7), Inter (4) dan Slavia (2).

Sementara Leipzig yang memainkan pertandingan keempat Grup G memetik kemenangan 2-0 dalam lawatan ke markas Zenit di Rusia berkat gol-gol Diego Demme dan Marcel Sabitzer. Sementara itu, Olympique Lyon menang atas tamunya Benfica dengan skor 3-1 lewat penampilan disiplin.

Joachim Andersen, Memphis Depay dan Bertrand Traore mengantarkan kemenangan untuk Lyon.

Akibat hasil kedua laga tersebut, Zenit bukan hanya tergusur dari puncak klasemen, tetapi melorot hingga urutan ketiga dengan koleksi empat poin yang tak bertambah. Leipzig (9) mengambil alih posisi puncak diikuti Lyon (7) di urutan kedua, sedangkan Benfica (4) harapannya kian tipis untuk lolos.

Sementara dari Grup H, drama terjadi di Stamford Bridge. Tuan rumah Chelsea sempat tertinggal 1-4 dari tamunya Ajax hingga memasuki 30 menit terakhir pertandingan

Namun, kartu merah yang diterima Daley Blind dan Joel Veltman menyusul gol Cesar Azpilicueta membuat pendulum momentum berayun ke arah Chelsea. Sayangnya keuntungan jumlah dua pemain hanya bisa dimanfaatkan menjadi hasil imbang 4-4, setelah gol kedua Azpilicueta dianulir VAR.

Sedangkan di Mestalla tim tamu Lille sempat unggul atas Valencia melalui gol Victor Omsihen dan bertahan hingga turun minum. Namun, tak kurang dari empat gol dicetak Valencia dalam 25 menit terakhir pertandingan demi meraup kemenangan 4-1.

Ajax, Chelsea dan Valencia sama-sama mengoleksi tujuh poin. Ajax berada di puncak berkat raihan empat poin dan surplus dua gol dalam pertemuan antara ketiga tim, diikuti Chelsea di posisi kedua dan Valencia ketiga.