oleh

Ranking FIFA: Argentina Pertama, Indonesia Naik ke-181

Kemenangan pada laga uji coba internasional melawan Malaysia membawa dampak positif bagi posisi timnas Indonesia di rangking FIFA. Posisi Indonesia mulai merangkak naik dibandingkan sebelumnya.

Pada bulan lalu, Indonesia berada di posisi ke-191 dunia. Namun, berkat kemenangan dengan skor 3-0 atas Malaysia kini Indonesia naik sepuluh tingkat menjadi ke-181 dunia dengan koleksi 89 poin.

Peringkat ini tak lebih baik dibanding negara Asia Tenggara lain seperti Laos (176), Kamboja (173), Malaysia (158), Singapura (155), Myanmar (153), Vietnam (141), Thailand (135) dan Filipina (125).

Sementara itu, hasil negatif diraih oleh dua poros sepakbola Eropa yakniItalia dan Spanyol. Pada bulan September ini, kedua negara ini harus lungsur dari posisi 10 besar. Spanyol berada di peringkat ke-11, sementara Italia ke-13.

Menyodok ke posisi sepuluh besar adalah Wales dan Uruguay. Sementara dua posisi teratas masih dikuasai oleh Argentina dan Belgia. Jerman berada di peringkat ketiga. Sementara Kolombia dan Brasil melengkapi negara yang berada di posisi lima besar.