oleh

Prancis Akhirnya Lolos Ke Brasil Secara Dramatis

Prancis akhirnya resmi berangkat ke Brasil tahun depan setelah menyegel kemenangan 3-0 atas Ukraina pada leg kedua play-off Piala Dunia 2014, Rabu (20/11) dini hari WIB.

Les Bleus berada di ujung tanduk setelah kalah 2-0 pada pertemuan pertama di Kiev pekan lalu, tapi tim Didier Deschamps mampu mengejar defisit gol oleh aksi Mamadou Sakho dan Karim Benzema di babak pertama.

Tuan rumah unggul pemain setelah Yevhen Khacheridi mendapat kartu kuning kedua akibat pelanggaran terhadap Franck Ribery di sisi kiri. Keuntungan ini dimanfaatkan sempurna oleh juara Piala Dunia 1998 untuk terus mengepung pertahanan lawan sampai Oleg Husyev mencetak gol bunuh diri di menit ke-72 sekaligus memastikan kemenangan Tim Ayam Jantan.

Babak I

Prancis tampil menekan sejak menit pertama. Skuat Les Bleus tahu mereka harus mengejar ketertinggalan 2-0 dari leg pertama di kandang Ukraina.

Mathieu Valbuena menjadi pemain pertama yang mengancam gawang Ukraina ketika laga berjalan tiga menit. Umpan Karim Benzema disambut dengan tendangan kaki kanan, tapi bola masih bisa ditepis menjauh dari gawang.

Paul Pogba juga mendapat kesempatannya sendiri lewat kepalanya, tapi juga masih gagal berujung gol.

Gol akhirnya tercipta di menit 22. Adalah Mamadou Sakho yang menjadi pencetak gol dengan sontekan dari jarak dekat, memaksimalkan prosesi bola mati di depan kotak penalti Ukraina.

Skuat Prancis semakin bersemangat menekan lini pertahanan Ukraina. Tapi tim tamu juga memiliki sejumlah kesempatan menjauhkan selisih gol mereka, meski tak sampai sukses.

Paul Pogba dan Valbuena kembali memberikan ancaman, tapi Benzema yang akhirnya bisa mengkonversi peluang menjadi gol di menit 34 lewat tendangan keras kaki kanan.

Ukraina kembali berusaha membalas lewat Andriy Yarmalenko dan Roman Bezus. Tapi Hugo Lloris masih sigap mengamankan gawangnya hingga turun minum.

Babak II
Ukraina mendapat tugas lebih berat untuk mencuri gol tandang sebelum laga berakhir karena harus main dengan sepuluh orang di awal babak kedua. Yevhen Khacheridi melakukan pelanggaran terhadap Ribery yang membuat wasit mengeluarkan kartu kuning kedua dua menit pascajeda.

Meski demikian, tim tamu masih dapat melancarkan serangan. Bezus nyaris mencetak gol tandang di menit 49 setelah melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola masih mendarat terlalu melebar di sisi gawang Lloris.

Dua kans beruntun diperoleh Les Bleus. Pertama aksi Ribery yang berhasil menembus pertahanan lawan, kemudian memberikan umpan kepada Valbuena yang diteruskannya kepada Benzema, tapi bek Ukraina mampu menyapu bola dari kotak penalti. Kemudian tendangan voli Cabaye yang masih belum menemui sasaran.

Gol ketiga di pertandingan ini, yang menjadi penentu atas siapa yang berhak melaju Brasil akhirnya tercipta di menit 72. Tembakan Ribery menjangkau Sakho, yang meneruskan si kulit bundar ke arah gawang. Namun, sebelum melewati garis gawang bola sempat mengenai Oleg Husyev.

Kedudukan 3-0 untuk Les Bleus bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain
FRANCE  : Lloris – Debuchy, Varane, Sakho, Evra – Cabaye, Pogba, Matuidi – Valbuena, Benzema, Ribéry.

UKRAINE : Pyatov – Mandzyuk, Khacheridi, Rakitskyi, Shevchuk – Stepanenko, Rotan – Yarmolenko, Edmar, Konoplyanka – Zozulya.