oleh

Portugal 3-2 Swedia, Hattrick Ronaldo Loloskan Portugal ke Piala Dunia

Laga di Friends Arena, Rabu (20/11) dinihari WIB, ini berakhir dengan kemenangan 3-2 (agregat 4-2) bagi Portugal dan mereka otomatis melaju ke Brasil 2014. Selamat datang Portugal!

Babak petama
Stadion terdengar bergemuruh kala fans Swedia bernyanyi. Ibrahimovic dkk yang jadi tuan rumah pun langsung menyajikan permainan menyerang di menit awal. Menekan dari sisi kiri, serangan Swedia menghasilkan sepakan pojok, namun masih belum mampu membuahkan gol siring sepakan Kim Kallstrom masih melebar.

Portugal tak mau kalah dalam menebar teror. Bruno Alves hampir saja mencetak gol kala ia menanduk umpan Joao Moutinho dari tendangan bebas. Namun aksi Isaksson yang gemilang membatalkan ancaman bek Portugal itu.

Di paruh awal ini, Cristiano Ronaldo dan Ibrahimovic menunjukan tajinya. Ronaldo masih mengancam dengan dribel dan tusukan-tusukan yang berbahaya, sayang aksinya tak dilengkapi dengan penyelesaian gemilang. Satu kesempatan yang berawal dari umpan Perreira dan disepak Ronaldo di menit ke-36 pun masih melebar.

Sementara itu, Ibra kerap kali turun dan turut membangun serangan dari tengah. Kemampuan mengolah bolanya yang menakjubkan pun tampak ketika ia memberikan umpan pada Kallstrom. Sayang, gelandang yang kemudian menyepak operan Ibra dari jarak sekitar 30 meter itu gagal menembus gawang Rui Patricio.

Portugal rajin menyerang di menit akhir, namun masih belum ada hasil nyata. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Babak kedua
Belum genap sepuluh menit, tuan rumah Swedia dibuat gigit jari lagi oleh Ronaldo. Moutinho memanfaatkan serangan balik dengan baik dan memberikan umpan terobosan pada Ronaldo. Megabintang Madrid ini menang adu lari dan dengan kalem menaklukkan Isaksson dengan mudah.

Portugal menurunkan tempo permainan mereka, sementara itu Swedia yang terus menekan masih pantang menyerah. Dengan dukungan dahsyat di kandang, tentu Swedia tak mau malu di depan publik sendiri.

Benar saja, serangan Swedia akhirnya berbuah jua. Bermula dari tendangan sudut Kallstrom, Zlatan beradu dengan Alves namun penyerang Swedia ini pemenangnya. Bola hasil tandukannya pun sukses mengoyak gawang Rui Patricio. Secercah harapan dari Swedia.

Empat menit kemudian, Zlatan kembali mecetak gol. Kali ini tendangan bebasnya tak mampu dihalau oleh Patricio. Asa Swedia pun membesar, mereka hanya butuh satu gol lagi kala itu.

Terlalu asyik menyerang, Swedia kena getahnya. Lagi-lagi Ronaldo memanfaatkan serangan balik cepat khas Portugal. Penyerang Madrid ini pun sekali lagi sukses menaklukkan Isaksson. Dan sepertinya Ronaldo belum habis, dua menit kemudian ia mencatatkan hat-trick usai mengecoh Isaksson dan menceploskan bola ke gawang.

Swedia hanya bisa gigit jari melihat Ronaldo beraksi, Zlatan pun mau tak mau mengakui keunggulan bintang Portugal itu. Portugal meluncur ke Brasil 2014 dengan agregat 4-2.

SUSUNAN PEMAIN
Swedia: Isaksson; Lustig, Nilsson, Antonsson, Martin Olsson; Larsson, Elm, Kallstrom, Kacaniklic; Elmander, Ibrahimovic.
Portugal:Patricio; Pereira, Pepe, Bruno Alves, Coentrao; Veloso, Meireles, Moutinho; Nani, Cristiano Ronaldo, Postiga.