oleh

Piala Super Eropa: Sejarah Tak Berpihak Pada Bayern Munich

Piala Super Eropa
Piala Super Eropa

news7up.com – Bayern Munich dan Chelsea akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di ajang Piala Super Eropa 2013 yang akan dilangsungkan di Eden Stadium, Praha pada 30 Agustus.

Dilangsungkannya turnamen tersebut di Praha merupakan kali pertama mengingat di 15 edisi sebelumnya pertandingan selalu digelar di Stade Louis II, antara 1998 dan 2012.

HEAD-TO-HEAD
Bayern Munich Vs Chelsea
19 Mei 12 Final Bayern 1-1 Chelsea ET
(Chelsea menang adu penalti)
12 April 05 qf-2 Bayern 3-2 Chelsea (5-6)
6 April 05 qf-1 Chelsea 4-2 Bayern

Kebetulan, Chelsea memenangi ajang ini saat pertama kali digelar di stadion milik AS Monaco pada 1998. Chelsea mengalahkan Real Madrid 1-0, yang pada saat itu berstatus sebagai juara Liga Champions. Ada pun Chelsea menjadi kampiun di ajang Piala UEFA.

Tapi pada tahun lalu, Chelsea gagal meraih gelar juara setelah ditekuk Atletico Madrid dengan skor 4-1, yang merupakan selisih gol terbesar yang pernah ada dalam sejarah Piala Super Eropa.

Sementara Bayern memiliki catatan yang sama sekali tak bisa dibanggakan di ajang ini. Dalam tiga kali laga, semuanya berakhir dengan kekalahan.

Pada 1975, Bayern harus mengakui keunggulan Dynamo Kiev, yang dalam dua pertemuan memetik kemenangan 1-0 (di Munich) dan 2-0 (di Kiev).

Di tahun berikutnya, Bayern bisa menang 2-1 di Munich saat menghadapi Anderlecht, sebelum kemudian menyerah kalah 4-1 di Brussels. Pada 2001, giliran Liverpool yang mempecundangi Bayern dengan keunggulan 3-2.

Jika dikelompokkan menurut negaranya, tim dari Inggris juga memiliki rekor yang lebih baik dibanding wakil Jerman. Tim asal Inggris bisa mencatat tujuh kesuksesan, meski juga ada tujuh kekalahan di ajang ini. Sementara performa wakil Jerman di Piala Super Eropa adalah tujuh laga dan tujuh kekalahan.

Ada pun kedua tim juga sudah saling bertemu satu sama lain sebanyak tiga kali, dan semuanya terjadi di ajang Liga Champions.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada 19 Mei 2012, di final Liga Champions di Allianz Arena, yang berkesudahan 1-1 di waktu normal, tapi Chelsea yang akhirnya menang setelah unggul dalam adu penalti.

Dua pertemuan sebelumnya terjadi di babak perempat-final Liga Champions 2004/05. Bayern kalah 4-2 dari Chelsea di pertemuan pertama, namun bisa menang di laga kedua. Namun dengan hanya keunggulan 3-2 di Munich, Bayern dinyatakan gagal karena kalah secara agregate 6-5 dari Chelsea.