oleh

Piala Dunia Tanpa Cristiano Ronaldo Atau Tanpa Zlatan Ibrahimovic?

Piala Dunia 2014 dipastikan tidak akan diramaikan oleh beberapa bintang sepakbola seperti kiper Chelsea dan tim nasional Ceko Petr Cech ataupun striker Manchester City dan timnas Montenegro Stevan Jovetic.

Dan sayangnya, akan ada satu pemain besar lagi yang harus menutup impiannya untuk berlaga di Brasil pekan ini, yaitu antara bintang Real Madrid dan timnas Portuga, Cristiano Ronaldo, atau striker gempal yang menjadi andalan Paris Saint-Germain dan timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic.

Seperti yang diketahui, hampir dipastikan tidak ada pecinta sepakbola yang tidak mengenali kedua sosok pemain tersebut.

Ronaldo sudah mencuatkan namanya sejak direkrut dari Manchester United pada tahun 2003 silam, di mana ia berusia 19 tahun saat itu. Ia bersama Sir Alex Ferguson selama enam tahun hingga tahun 2009, di Old Trafford ia mengoleksi banyak gelar, termasuk tiga trofi Liga Primer Inggris, satu trofi Liga Champions dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

Sekarang ia memperkuat Real Madrid, dan catatan sejarahnya di Santiago Bernabeu masih berjalan, dan ia telah menjadi pemain paling penting bagi Los Blancos dalam empat tahun terakhir dengan membawa Madrid meraih trofi Primera Liga Spanyol, Piala Super Spanyol dan Piala Raja.

Di level internasional, Ronaldo juga cukup sukses. Meskipun masih belum pernah menyabet gelar juara, ia pernah mengantarkan Portugal ke babak final Euro 2004, di mana ia berusia 20 tahun saat itu. Selain itu, ia juga sukses mengantarkan Portugal ke posisi empat di Piala Dunia 2006.

Sementara Ibrahimovic juga tidak kalah mentereng, pemain Swedia ini juga sangat rajin meraih trofi juara untuk klubnya bahkan ia nyaris mengoleksi semua trofi liga elit Eropa sepanjang karirnya.

Di awal karirnya, ia mengantarkan Ajax Amsterdam meraih juara Eredivisie Belanda, kemudian meraih banyak Scudetto bersama tiga tim raksasa Italia, Juventus, FC Internazionale dan AC Milan, dan petualangan satu tahunnya di Barcelona juga berbuah trofi juara La Liga, hingga musim lalu ia mengantarkan PSG menjuarai Ligue 1 Prancis. Praktis, hanya trofi Bundesliga Jerman saja yang belum ia cicipi.

Meski sangat berjaya di level domestik, namun Ibra tidak mampu mematahkan kutukan di level Eropa. Bayangkan saja, pemain dengan level seperti Ibra dan malang melintang di berbagai klub besar, tetapi ia tidak pernah mengangkat trofi Liga Champions ataupun Liga Europa, meski ia pernah menjuarai Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa ketika membela Barcelona.

Di level internasional pun demikian, Ibrahimovic nyaris tidak memiliki peluang berarti untuk dapat keluar menjadi juara di turnamen besar. Di Piala Dunia, Ibra maksimal hanya mengantar Swedia ke 16 besar, sementara di Euro Ibra sempat mengantar Swedia ke babak delapan besar.

Jadi, siapa yang ingin Anda saksikan di Piala Dunia 2014 nanti? Cristiano Ronaldo, mega bintang yang kerap disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir? Atau Ibrahimovic, striker ganas yang mungkin tidak akan memiliki peluang lagi untuk masuk ke Piala Dunia usai tahun depan? Silahkan isi poling yang telah disediakan dan jangan lupa menyampaikan pendapat Anda di kolom di bawah ini…