oleh

Piala Dunia 2022 Tak Akan Digelar Di Qatar

www.news7up.com – Theo Zwanziger, anggota Komite Eksekutif (Exco) FIFA, memperkirakan Piala Dunia 2022 akan batal diselenggarakan di Qatar akibat tingginya temperatur di negara Timur Tengah itu.

Terlepas dari rencana Qatar buat menerapkan teknologi pendingin di stadion-stadion, Zwanziger beranggapan tetap tak ada garansi untuk menangkis potensi problem kesehatan yang mungkin diderita fans.

Maka dari itu, menurutnya adalah mustahil gelaran terakbar empat tahunan tersebut diadakan di sana.

“Saya pribadi berpikir bahwa pada akhirnya Piala Dunia 2022 tidak akan mengambil tempat di Qatar,” ucap Zwanziger, yang merupakan eks presiden federasi sepakbola Jerman (DFB), kepada Sport Bild.

“Kalangan medis mengatakan mereka tak bisa menerima tanggung jawab dengan sebuah turnamen Piala Dunia yang digelar di bawah kondisi seperti ini.”

“Mereka [Qatar] mungkin bisa mendinginkan stadion-stadion, tapi sebuah Piala Dunia tidak hanya mengambil tempat di stadion.”

“Fans dari seluruh dunia akan datang dan melakukan perjalanan dalam temperatur ini dan kasus pertama yang mengancam nyawa akan memicu investigasi oleh jaksa penuntut umum.”

“Itu bukan hal yang ingin dijawab oleh para anggota Exco FIFA.”

Adapun pihak FIFA lewat juru bicara Delia Fischer menekankan pernyataan Zwanziger merupakan pendapat pribadinya dan tidak mewakili Exco.

 “Dia mengekspresikan sebuah opini personal dan mengatakannya secara eksplisit. Kami tak akan mengomentari opini personal,” tegas sang jubir kepada Reuters.

Presiden FIFA, Sepp Blatter, sendiri sebelumnya telah mengaku penunjukan Qatar sebagai tuan rumah adalah kesalahan dan tengah mengupayakan pergeseran waktu perhelatan kompetisi ke musim dingin.