oleh

Phil Bardsley Menangkan Sunderland atas Manchester City 0-1

Sunderland harus berterima kasih pada sosok Phil Bardsley yang mencetak gol semata wayang untuk memberi timnya kemenangan kedua di musim ini saat berhadapan dengan Manchester City di Stadium of Light dalam lanjutan Liga Primer matchday ke-11, Minggu (10/11) malam WIB.

Kemenangan itu tidak mengubah posisi Sunderland di tabel klasmen, dengan mereka yang tertahan di urutan ke-19 setelah hanya mampu mengoleksi tujuh poin sejauh ini. Adapun bagi City, kekalahan ini berarti melewatkan posisi tiga besar di pekan ini sebagaimana mereka yang masih dibuntuti oleh Manchester United.

Babak Pertama

Kedua tim coba meraba  permainan, dengan mereka yang bergantian menguasai bola sebelum City menguasai keadaan di daerah sendiri melalui Lescott dan Demichelis. Di menit kedua, Milner sodorkan bola pada Negredo yang menyelinap di depan tetapi peluang ini langsung ditutup oleh kubu tuan rumah.

Setelahnya, City sukses mencatatkan peluang pertamanya di partai ini melalui aksi James Milner di menit kedelapan, yang sayang masih bisa diamankan dengan baik oleh mantan kiper Arsenal Vito Mannone.

Kubu tamu bukannya tanpa peluang. Mereka sempat mewakilkan Steven Fletcher yang berhasil menanduk bola hasil kiriman Sebastian Larsson dari sayap kanan di seperempat jam laga berjalan, namun sundulan tersebut justru melenceng tidak mengarah ke target.

Gagal sekali tak lantas membuat pasukan Gus Poyet ciut nyali. Mereka lantas sukses membuka skor saat Phil Bardsley yang merangsek masuk di kotak penalti City mampu memperdaya Pantilimon untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0 di menit ke-21. Sunderland memimpin.

Di 30 menit pertama, statistik mencatat Sunderland dan City bermain hampir sama rata, dengan kubu The Citizens yang hanya unggul dalam penguasaan bola sebanyak 53 berbanding 47 persen. Selebihnya, jumlah shots on target dan off target mereka sama besarnya.

Menyadari timnya tertinggal, anak asuh Manuel Pellegrini kemudian mulai menambah tekanan pada Sunderland, namun bek Wes Brown melakukan serangkaian blok krusial terhadap tembakan jarak jauh beberapa pemain lawan.

Menit ke-32, Sunderland kembali mendapatkan peluang. Mengandalkan serangan balik dan dalam posisi empat lawan empat, pemain asal Korea Ki terlalu terburu-buru dalam mengumpan sehingga bola gagal digapai Fletcher.

Meski City semakin rajin dalam mencari gol penyama kedudukan, namun tim asal Eastlands tersebut tak jua berhasil memecahkan kebuntuan sebagaimana babak pertama harus diakhiri untuk keunggulan tim tuan rumah.

Babak Kedua

Guna mengejar ketertinggalan, City kemudian memasukkan Jesus Navas dan mengganti Javi Garcia yang di babak pertama tak banyak memberi kontribusi.

Dan setelah dimasukkan, Navas langsung memperlihatkan dampak positif dengan melewati Johnson di sisi lapangan sebelum melayangkan umpan ke kotak penalti. Negredo menyambut bola kirimannya, tapi masih melambung.

Menit ke-51, City hampir saja menyamakan kedudukan andaikan Bardsley tidak sigap dalam membuang bola hasil sontekan Navas usai bekerjasama dengan Aguero yang sebelumnya melewati Celustka.

Lewat berbagai skema serangan, anak asuh Pellegrini coba mencari ruang, termasuk bek Micah Richards yang juga membantu ke depan. Akan tetapi, tetap saja mereka tak kunjung bisa menerobos ketatnya lini belakang The Black Cats yang dikomando O’Shea dan Brown. Dan hingga menit ke-70, skor masih memihak untuk tim tuan rumah.

Dalam rangka menambah daya dobrak, Edin Dzeko lantas diturunkan dengan merelakan Negredo yang harus ditarik keluar. Meski demikian, lini depan City masih menemui deadlock sekalipun mereka memaksa semua pemain Sunderland turun ke daerhanya.

Dengan 10 menit waktu tersisa, Dzeko beserta kolega tak mampu menemukan gol penyama kedudukan itu hingga akhirnya memunculkan Sunderland sebagai pemenang, yang di mana kemenangan ini merupakan kemenangan kedua mereka musim ini.

Susunan Pemain:

Sunderland: Mannone; Celustka, Bardsley, Brown, O’Shea (c); Ki; Larsson, Colback, Johnson (Borini 87′), Giaccherini (Gardner 72′); Fletcher (77′).

Cadangan: Cabral, Diakite, Mavrias, Westwood.

Manchester City: Pantilimon; Richards (Zabaleta 71′), Demichelis, Lescott, Kolarov; Milner, Toure (c), Garcia (Navas 46′), Nasri; Aguero; Negredo (Dzeko 71′).

Cadangan: Hart, Rodwell, Clichy, Boyata.