oleh

Perubahan Gaya Memimpin Florentino ‘Papa’ Perez

Sang presiden memutuskan untuk mengadopsi gaya yang membuatnya banyak terlibat dalam skuat, seperti ayah dalam kehidupan sehari-hari.


GOALOLEH    GUNAWAN WIDYANTARA     Ikuti di twitter


Florentino Perez memimpin pesta tur Real Madrid. Orang nomor satu di Santiago Bernabeu hadir di Amerika Serikat tahun lalu dan hal sama terulang musim panas ini.

Sang presiden memutuskan untuk mengadopsi gaya yang membuatnya banyak terlibat dalam skuat, seperti ayah dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini banyak klub disuntik dana sheikh atau pengusaha raksasa, tak heran peran petinggi klub acap kali terbatas dan tidak jarang hanya dijadikan objek foto media semata.

Florentino mengubah gaya memimpin baru-baru ini, apalagi jika mengingat masalah besar era ‘Galacticos‘ saat tim bertabur bintang di semua lini. “Mungkin saya terlalu memanjakan para pemain,” akunya suatu ketika dilansir Marca.

Florentino sekarang semakin dekat dan mengenal seluruh lapisan klub, ditandai hubungan mesra dengan tangan kanannya Zinedine Zidane yang sekarang kembali ke sisi lapangan dengan peran berbeda.

Peran Florentino sebagai orang tua semakin jelas terlihat terutama kepada para pemain muda. Dia memberikan dukungan besar dan menjadi fans setia pemain seperti Jese Rodriguez yang baru saja meneken perpanjangan kontrak.

Di sisi lain kehadirannya di Los Angeles membuka kesempatan untuk membicarakan banyak hal dan berliku. Komunikasi dengan kapten Iker Casillas terjalin rapi, begitu juga dengan bintang penting seperti Sergio Ramos namun tugas Florentino tidak berhenti di sana, masih ada agenda penting seperti menahan kepergian Cristiano Ronaldo.

Tanda-tanda keharmonisan mulai terlihat seperti di pekan pertama sesi latihan Madrid. Florentino hadir di Valdebebas dan memperlihatkan gerakan-gerakan bersahabat pada Ronaldo yang dibalas hal serupa.

Florentino kabarnya berencana menghadiri sesi latihan tim secara reguler. Komunikasi dengan Carlo Ancelotti terbilang sempurna. Hal ini tidak terlepas dari sikap sang manajer sendiri yang dikenal punya hubungan apik dengan semua presiden klub yang pernah dibesutnya.  Meski demikian keterlibatan Florentino dalam tim tidak bisa terlalu jauh, Ancelotti diketahui selalu memberikan batas-batas jelas otoritas di kamar ganti pemain.



Goal hadir via ponsel dengan alamat m.goal.com.
Unduh juga aplikasi Goal secara langsung untuk OS ponsel Anda:
Apple iTunes
Apple iOS
Blackberry App World
Blackberry
Google Play
Android
Nokia OVI Store
Nokia
Windows Phone
Windows Phone