oleh

Persipura Juara, Mantan Bintangnya Tutup Usia


JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan pemain tim nasional Indonesia era tahun 1990-an yang juga mantan bintang Persipura, Ritham Madubun, meninggal dunia pada Kamis (1/8/2013) dini hari WIB. Pemain yang memulai karier di Persipura Jayapura itu dikabarkan wafat, setelah cukup lama menderita penyakit stroke.

Meninggalnya Ritham hanya berselang beberapa jam setelah Persipura memastikan juara Indonesia Super League (ISL) 2012-13. Saat masih aktif bermain sepak bola, Ritham Madubun juga pernah berseragam Persija Jakarta. Selain itu ia juga pernah main di PSM Makassar, Persikota Tangerang, Pelita Jaya, PSPS Pekanbaru, Persima Manado, dan Persitara Jakarta Utara. Selain menjadi duka buat klub yang pernah ia bela, ini juga duka buat publik sepak bola Indonesia.

Kabar wafatnya Ritham Madubun beredar luas di jejaring sosial Twitter pada Kamis dini hari. Salah satunya ditulis oleh akun milik fans klub Persija Jakarta, @JakOnline. “Turut berduka cita atas meninggalnya Ritham Madubun, eks pemain Persija,” demikian kicauan di akun @JakOnline.

Sementara itu di timnas Indonesia, ia pernah tampil di ajang Piala Asia 1996 dan Pra-Piala Dunia tahun 1997. Ritham Madubun lahir di Kepulauan Kai, Maluku Tenggara, pada tanggal 1 April 1971. Ritham mempunyai seorang istri yang bernama Endang Setiawati Arief dan 4 orang anak yaitu Fariz Ritham Madubun, Tisa’a Aprilla Ritham Madubun, Ning Rienda Ritham Madubun, dan Resha Chiero Maldini Ritham Madubun.