oleh

Persebaya Surabaya Butuh 11 Poin Untuk Ke Semi-Final ISL

www.news7up.com – Persebaya Surabaya masih membutuhkan banyak poin untuk bisa lolos ke babak semi-final Indonesia Super League (ISL) 2014. Menyusul, sementara ini mereka baru mengemas tiga poin dari tiga laga babak delapan besar.

Imbasnya, saat ini skuat asuhan Rahmad Darmawan masih terpaku di posisi ketiga klasemen sementara grup L. Sedangkan untuk posisi puncak diduduki Persib Bandung (tujuh poin), diikuti Mitra Kukar di posisi kedua (empat poin), dan Pelita Bandung Raya di posisi buncit (satu poin).

Berdasarkan kalkulasi tim pelatih, Persebaya minimal harus membukukan total 11 poin, agar langkah menuju babak semi-final bisa terealisasi. “Siapa yang bisa dapatkan 11 poin, itu yang akan lolos ke semi-final. Jadi saat ini, belum ada yang aman, baik Persib, Mitra Kukar, maupun Persebaya,” ujar Tony Ho, asisten pelatih Persebaya.

Dengan hitungan tersebut, jelas membuat langkah Greg Nwokolo dan kawan-kawan dipastikan tidak akan mudah. Karena, skuat Persebaya harus bertandang ke markas Persib (22/10) dan Mitra Kukar (30/10), serta menjamu PBR di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, 26 Oktober, untuk merampungkan babak delapan besar.

Atas dasar itulah, para penggawa Persebaya dituntut lebih maksimal kala dijamu Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (22/10) nanti. Meski di satu sisi, besar kemungkinan Bajul Ijo takkan bisa menurunkan komposisi terbaiknya, karena badai cedera tengah menghantam beberapa pemain.

“Kita sebagai tuan rumah, sudah kehilangan beberapa poin di putaran pertama kemarin. Mau tidak mau, kita akan berusaha untuk memenangkan pertandingan lawan Persib, meski akan bermain di Bandung,” lanjutnya.

Saat menjamu tim Maung Bandung di GBT, 14 Oktober lalu, skuat Persebaya hanya mampu mengakhiri laga dengan skor imbang 1-1. Itu pun dengan ‘belas kasih’ Supardi, yang mencetak gol bunuh diri pada menit ke-75. Setelah Bajul Ijo tertinggal lebih dulu, usai gelandang asing Persib Konate Makan menjebol gawang Jendry Pitoy di menit ke-11.

“Pada pertandingan-pertandingan kemarin, kita sebenarnya punya banyak peluang, tapi sayangnya tidak terkonversi menjadi gol. Lawan Persib, kita akan coba untuk lebih maksimal dalam memanfaatkan peluang, agar bisa memenangi pertandingan,” beber Tony.

Jelang away ke kandang Persib dalam laga perdana putaran kedua babak delapan besar, beberapa pilar Persebaya memang terancam tidak bisa dimainkan karena belum fit. Mereka adalah, Fandi Eko Utomo, Alfin Tuasalamony, Manahati Lestussen, Dedi Kusnandar, Greg Nwokolo, Hasyim Kipuw, dan Ricardo Salampessy.

“Dari deretan pemain yang dipanggil memperkuat Timnas U-23 kemarin, hanya Novri (Setiawan) yang kondisinya fit. Sementara yang lain, kondisinya masih terus kita pantau. Sedangkan Greg dan Kipuw, juga belum fit benar. Begitu juga dengan Ricardo,” pungkasnya.