by

Percepatan Sepak Bola Nasional, Bukti Keseriusan Pemerintah

Instruksi Presiden (Inpres) bakal menjadi payung hukum misi percepatan pembangunan sepak bola nasional yang digagas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Juru Bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewa Broto menyatakan draf dari inpres tersebut sedang dikebut tim lintas lembaga yang dibentuk Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

“Draf ini diharapkan selesai akhir minggu ini, untuk kemudian dibahas di rapat pleno tim minggu depan,” kata Juru Bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewa Broto lewat pesan singkatnya.

Menko PMK, kata Gatot, membentuk tim lintas lembaga sebagai hasil dari Rapat Terbatas (Ratas) bersama Jokowi di Istana Negara pada 24 Januari lalu. Dan, pertemuan lanjutan membahas hasil ratas pun digelar di Kemenko PMK pada Rabu (8/2).

Tim lintas lembaga bentukan Menko PMK itu selanjutnya bekerja selama dua bulan guna menyusun rancangan besar misi mengembangkan sepak bola nasional itu.

“Substansi Inpres harus dikoordinasikan bersama dengan PSSI sebagai user-nya supaya menyambung antara kebutuhan dan bantuan yang akan diberikan, supaya tidak mubazir,” tutur Gatot.

Gatot mengungkapkan PSSI pun senang dengan ide percepatan yang diinginkan Presiden Joko Widodo. Termasuk dengan rencana pembangunan Kantor PSSI dan National Training Camp (NTC).