oleh

Perang sarat gengsi El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid

Perang sarat gengsi El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid akan digelar lagi di stadion megah Camp Nou, Sabtu (26/10) malam WIB.

Lionel Messi dan Neymar pasti jadi tumpuan El Barca, namun perhatian terhadap Neymar bisa saja lebih banyak karena bintang Brasil tersebut akan melakoni laga perdana Clasico sejak berkostum Blaugrana.

Pertandingan besar dengan pertaruhan gengsi tentunya bukan kali pertama dijalani Neymar, melawan Palmeiras, Corinthians dan Sao Paulo adalah duel penting Santos. Meski demikian diklaim Marca Neymar masih sering merasa gugup setiap beraksi di pertandingan penting.

“Saya membayangkan masih akan merasakan kupu-kupu di dalam perut (gugup),” kata Neymar.

Meski demikian ada catatan khusus yang bisa membuat Neymar tampil percaya diri melawan Madrid. Belakangan pemain dengan karakter menyerang Barcelona asal Brasil selalu memperlihatkan performa gemilang, simak di bawah ini:

ROMARIO – COLA DE VACA

Salah seorang penyerang paling hebat yang pernah dilahirkan Brasil dikenal dengan kecepatan tinggi dan meliuk-liuk melewati bek lawan. Keistimewaan ini pula yang diperlihatkan di Clasico pertamanya pada Januari 1994 yang berakhir 5-0 untuk kemenangan Barcelona. Cola de vaca, sebuah teknik membelakangi lawan, untuk menyentuh bola dengan kaki dalam dan berputar 180 derajat lalu melesat menjauh, dengan sempurna dieksekusi Romario sebelum menjebol gawang Madrid. Rafael Alkorta tidak bisa berbuat banyak mencegah terjadinya gol.

RONALDO – KURANG BERUNTUNG

Di bawah komando pelatih Bobby Robson dan Jose Mourinho sebagai asisten, Ronaldo gagal mencetak gol di Clasico. Pada pertandingan ini Barcelona kalah 2-0 di Santiago Bernabeu, Il Fenomeno tampil penuh.

RIVALDO – MALAM INDAH CATALAN

1 November 1997, bermain di Madrid, seluruh Catalan berpesta karena Barcelona menang 3-2 di Bernabeu. Pemain anyar Barcelona Rivaldo menyumbang satu gol. Selanjutnya? Kontribusi Rivaldo di Clasico tidak pernah mengecewakan.

RONALDINHO – NIHIL GOL, BARCA MENANG

Kenangan paling segar yang bisa diingat Neymar saat Ronaldinho tampil kali pertama di Clasico ‘Cule’ menang di markas Madrid tepatnya pada 25 April 2004. Tampil selama 90 menit, si hebat ini tidak menyumbang gol tetapi Barcelona pulang dengan kemenangan 2-1.

Bagaimana prediksi performa Neymar akhir pekan nanti? Secara umum penampilan pemain muda ini masuk kategori luar biasa, tidak aneh kerap mendapat pengawalan ekstra dan tekel keras dari bek lawan, namun di dua laga terakhir penampilannya tidak terlalu eksplosif, tetapi Clasico adalah momen paling tepat untuk bangkit, kita nantikan!