by

Pengumuman Pensiun Lahm Bikin Petinggi Bayern Muenchen Shock

Sejumlah petinggi Bayern Muenchen mengaku kaget dengan pengumuman pensiun yang dilontarkan bek sekaligus kapten tim mereka, Philipp Lahm. Presiden Muenchen Uli Hoeness dan Kepala Eksekutif Muenchen Karl-Heinz Rummenigge mengaku tak mendapatkan pemberitahuan bahwa Lahm akan mengumumkannya setelah laga melawan Wolfsburg, Rabu dinihari kemarin.

Rummenigge mengatakan Lahm memang telah membicarakan pensiunnya sejak pekan lalu. Namun dia mengira pemain berusia 33 tahun itu akan mengumumkannya bersamaan dengan pihak klub. Rummenigge juga menyatakan Lahm menolak jabatan sebagai Direktur Olahraga Muenchen.

“Bayern Muenchen terkejut atas apa yang dilakukan Philipp Lahm dan penasihatnya. Hingga kemarin kami berharap akan ada pernyataan bersama dari Philipp Lahm dan Bayern Muenchen,” ujar Rummenigge.

“Jujur, Uli Hoenes dan saya telah melakukan pembicaraan secara intensif dengan Philipp Lahm terkait dengan kemungkinan keterlibatan dia dalam manajemen klub.”

“Pekan lalu dia memberitahukan kami bahwa dia tak menginginkan posisi Direktur Olahraga dan dia ingin mengakhiri kontraknya lebih cepat,” katanya.

Lahm mengumumkan keputusannya untuk mundur sebagai pesepak bola profesional seusai Muenchen menekuk Wolfsburg 0-1 di Piala Jerman. Dia menyatakan akan tetap bermain hingga akhir musim nanti sebelum menggantung sepatu.

Dalam kariernya sebagai pemain, Lahm hanya pernah membela Muenchen dan Vfb Stuttgart. Itu pun dengan catatan bahwa Stuttgart meminjam Lahm dari Muenchen.

Di FC Hollywood, julukan Muenchen, Lahm telah mempersembahkan semua gelar bergengsi, mulai juara Liga Jerman, Piala Jerman, Piala Liga Jerman, Piala Super Jerman, Liga Champions, Piala Super Eropa, hingga juara Piala Dunia Antar Klub. Dia juga berjasa besar membawa tim nasional Jerman menjuarai Piala Dunia pada 2014.