by

Pelatih Park Hang-seo Sukses Tingkatkan Prestasi Sepak Bola Timnas Vietnam

HANOI – Semenjak ditangani Park Hang-seo pada 2017, prestasi sepakbola Vietnam mengalami peningkatan. Setelah bersinar di berbagai turnamen level Asia Tenggara hingga Asia, Golden Stars –julukan Vietnam– kini bersiap meraih prestasi yang lebih tinggi lagi, yakni mencoba lolos ke Piala Dunia 2022.

Saat ini, Nguyen Quang Hai dan kawan-kawan sedang berjuang di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Mereka satu grup dengan Uni Emirat Arab, serta tiga wakil Asia Tenggara lain yakni Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Hasilnya luar biasa bagi Vietnam, yang mana dalam empat pertandingan awal, mereka tidak terkalahkan dengan koleksi tiga menang dan satu imbang. Alhasil, Vietnam saat ini duduk di puncak klasemen Grup G dengan koleksi 10 angka.

Vietnam unggul tiga poin dari Thailand di posisi dua, serta unggul empat angka dari UEA dan Malaysia yang berturut-turut menempati tempat ketiga dan keempat. Sementara itu, Vietnam unggul 10 angka dari Indonesia yang terbenam di dasar klasemen.

Nantinya, hanya juara grup yang diizinkan lolos otomatis ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Melihat jarak poin yang mulai terbentang, peluang Vietnam menyelesaikan kualifikasi di posisi juara grup terbuka lebar.

Terlebih pada matchday kelima yang berlangsung malam ini, Vietnam akan bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Thailand. Andai menang atas Thailand, jarak poin mereka dengan sang rival akan menjadi enam angka!

Jika nantinya lolos ke babak ketiga, Vietnam akan mencetak sejarah, alias meraih rekor pribadi. Sebab, sebelumnya, tim dari Negeri Paman Ho itu belum pernah melaju hingga ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia, yang mana akan diikuti 12 negara kuat Asia.