oleh

MU Bayar Alexis Sanchez Rp172 Miliar untuk Gabung Inter Milan

Manchester United melepas Alexis Sanchez ke Inter Milan dengan status bebas transfer. Namun, di balik kesepakatan tersebut, Setan Merah harus membayar 9 juta pounds kepada pemain asal Chile.

Alexis Sanchez tampil buruk untuk Manchester United sajak datang pada Januari 2018 lalu. Padahal, saat masih membela Arsenal, dia mampu tampil bagus dan mencetak banyak gol.

Dari 45 laga yang dijalani bersama Manchester United, Alexis Sanchez hanya mampu mencetak lima gol saja. Catatan itu bahkan hanya tak lebih baik dari torehan golnya di Arsenal pada setengah musim 2018/2019.

Gagal bersinar, United kemudian meminjamkan Alexis Sanchez ke Inter Milan pada awal musim 2019/2020. Sempat kesulitan dan tidak mendapatkan kebugaran yang tepat, dia mampu bangkit di awal musim.

Manchester United sejatinya sudah ingin melepas Alexis Sanchez secara permanen pada awal musim 2019/2020. Namun, mereka tidak mampu mendapatkan pembeli yang tepat. Solusinya dipinjamkan ke Inter Milan.

Kesepakatan itu sejatinya tidak cukup bagus, sebab United tetap harus ikut menanggung gaji eks pemain Udinese. Inter Milan tidak ingin membayar penuh gaji Alexis Sanchez yang mencapai 500 ribu pounds per pekan.

Pekan lalu, United dan Inter Milan akhirnya sepakat untuk transfer permanen Alexis Sanchez. Inter Milan tidak perlu membayar apa pun. United melepas Alexis Sanchez secara cuma-cuama alias sebagai ‘giveaway’.

Dikutip dari Sportsmole, United justru harus membayar untuk bisa melepas Alexis Sanchez. Mereka memberi sang pemain kompensasi 9 juta pounds [sekitar Rp172 miliar] agar bersedia pindah dengan status bebas transfer.

Manchester United tentu rugi dalam kesepakatan dengan Alexis Sanchez dan Inter Milan. Namun, ada juga pertimbangan lain di mana United berpotensi kehilangan uang lebih banyak jika tidak melepas Alexis Sanchez.

Alexis Sanchez menjadi pemain dengan gaji paling tinggi di klub. Jika sisa kontraknya diakumulasi -sampai durasinya habis- maka United berpotensi mengeluarkan 50 juta pounds untuk membayar gaji Alexis Sanchez.

Jika dilihat dari sudut pandang di atas, maka United memotong potensi kerugian yang lebih banyak di masa depan jika gagal melepas Alexis Sanchez. Dari sisi itu, maka United beruntung ‘hanya’ membayar 9 juta pounds.