by

Melempem di Bursa Transfer Penyebab Liverpool Kalah Bersaing Perebutan Juara EPL

Sebagai legenda hidup Liverpool, Jamie Carragher mengaku sangat kecewa melihat The Reds tidak melakukan aktivitas di bursa transfer Januari.

Melihat kondisi tim yang sekarang, mantan bek tengah yang kini menjadi pundit sepak bola di Inggris itu menilai pasifnya klub di bursa transfer jadi alasan mengapa Liverpool tampil buruk belakangan ini.

Si Merah mendatangkan Loris Karius, Ragnar Klavan, Georginio Wijnaldum, Joel Matip, dan Sadio Mane di awal musim. Nyatanya, pembelian itu masih kurang untuk membentuk kedalaman skuat yang tangguh dan berkompetisi dalam perburuan gelar juara.

Setelah mengalahkan Manchester City di awal tahun, Liverpool berada di posisi kedua dan hanya berjarak enam poin di belakang Chelsea. Banyak pihak berpandangan bahwa menambah sejumlah pemain di bursa transfer akan membuat Si Merah terus menjadi penantang gelar bagi The Blues.

Namun tim asuhan Jurgen Klopp saat ini sedang dalam krisis, mereka mendapat dua kekalahan dari lima pertandingan terakhir tanpa meraih kemenangan di Liga Inggris. Hal itu membuat mereka turun peringkat ke posisi lima.

“Liverpool tidak memiliki skuat untuk melawan tim lain dan khususnya untuk bertarung memperebutkan posisi empat besar. Untuk betapa hebatnya segalanya berjalan dalam bebrapa bulan lalu, itu menunjukkan betapa cepat segalanya bisa berubah,” ujar Carragher kepada Sky Sports.

“Sebuah kekecewaan, apakah itu kesalahan manajer atau yang lain, di mana tidak mendapatkan tambahan tenaga di bulan Januari. Ada pemain yang tersedia. Saya bukan berkata soal panic buy. Untuk saat ini, ada banyak masalah, di sektor pertahanan dan penyerangan, tapi saya bicara soal banyaknya jumlah, Liverpool membutuhkan sesuatu,”

“Jika Anda melihat ke bench Liverpool, mereka tidak memiliki apapun seperti halnya yang Manchester United miliki, City miliki, mereka adalah tim yang mencoba untuk berkompetisi. Faktanya bahwa mereka tidak menambah kekuatan sebuah posisi, mereka sebagai penantang terbaik Chelsea sebelumnya, kini telah kehilangan segalanya,”

“Pemain yang ada saat ini sudah hebat di sepanjang musim. Anda tidak bisa mengharapkan Adam Lallana, Roberto Firmino, dan Philippe Coutinho untuk terus menjaga level mereka, ada saatnya mereka keluar dari tim, tidak dicadangkan, tetapi hanya mendapatkan beberapa waktu penyegaran. Namun tak ada pemain di bangku cadangan yang bisa melakukan itu,”

“Tim lain memiliki kualitas yang sama di bangku cadangannya, dan Liverpool tak memiliki itu,” pungkas mantan bek yang identik dengan nomor punggung 23 itu.

Sejatinya, Liverpool dihubungkan dengan winger Belanda Quincy Promes dan gelandang Jerman Mahmoud Dahoud selama bursa Januari, tetapi tidak ada yang terealisasikan.

Di hadapan media Klopp sendiri kerap mengaku senang dengan skuat yang dimilikinya saat ini. Suporter tentu berharap manajer asal Jerman itu mendapat kucuran dana untuk mencari pemain baru di bursa transfer musim panas nanti