by

Marko Simic Top Skorer, Renan Silva Best Player Liga 1 2019

Jakarta – Liga 1 2019 resmi berakhir. Bomber Persija Jakarta Marko Simic menjadi pencetak gol terbanyak, sedangkan Renan Silva (Borneo FC) didapuk sebagai pemain terbaik.

Pekan ke-34 Liga 1 disudahi pada Minggu (22/12/2019). Bali United akhirnya mengangkat trofi juara setelah mengunci gelarnya sejak beberapa pekan lalu. Serdadu Tridatu tampil sebagai kampiun dengan perolehan 64 poin, unggul 10 poin dari runner-up Persebaya Surabaya.

Posisi lima besar cukup sengit. Persipura Jayapura berhasil finis ketiga dengan perolehan 53 poin, di atas Bhayangkara FC dan Madura United yang memiliki koleksi poin yang sama.

Tiga tim terbawah mesti degradasi ke Liga 2. Mereka adalah Badak Lampung, Semen Padang, dan Kalteng Putra yang finis ke-16, 17, dan 18 berturut-turut.

Sementara itu, juara musim lalu Persija harus puas finis kesepuluh. Sekalipun Simic berhasil menceploskan 28 gol untuk menjadi top scorer unggul jauh dari striker-striker lainnya macam Beto Goncalves (18), dan Alex dos Santos (17).

Liga 1 2019 turut memberikan penghargaan kepada beberapa individu atas performa cemerlang di sepanjang kompetisi, yang dinilai oleh sebuah panelis.

Berikut daftar yang terbaik di Liga 1 2019

Top scorer: Marko Simic (Persija Jakarta)
Pemain Terbaik: Renan Silva (Borneo FC)
Pelatih Terbaik: Stefano Cugurra Teco (Bali United)
Pemain Muda Terbaik: Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura)
Gol Terbaik: Solo run David da Silva (Persebaya Surabaya) vs Arema FC
Wasit Terbaik: Yudi Nurcahya