oleh

Manchester City Pesta Gol atas Tottenham 6-0

Sergio Aguero menjadi bintang saat Manchester City membantai Tottenham Hotspur enam gol tanpa balas di Etihad Stadium, Minggu (24/11) dini hari WIB.

Sepasang gol dicetak mantan bintang Atletico Madrid, sementara empat lainnya disumbang dari Jesus Navas dengan dua gol, bunuh diri Sandro dan Alvaro Negredo di babak kedua.

Kemenangan membawa City naik ke peringkat empat dengan 22 angka, tertinggal enam dari Arsenal yang masih memuncaki klasemen sementara. Sementara tim Andre Villas-Boas merosot ke posisi sembilan, mengumpulkan 20 poin.

Babak pertama

Tottenham yang ingin bangkit dari kekalahan atas Newcastle pada pekan sebelumnya justru ketinggalan lebih dulu saat laga belum genap satu menit. Jesus Navas mencetak gol pembuka. Berawal dari sepakan Sergio Aguero ke arah gawang, Hugo Lloris mencoba menepis bola, tapi si kulit bundar jatuh di kaki Navas dan penggawa Spanyol dengan sempurna menjebol gawang tim tamu.

Tottenham hampir menyamakan kedudukan empat menit kemudian menyusul kesalahan pemain belakang City, namun barisan penyerang tim Andre Villas-Boas gagal memanfaatkannya.

City tampak bersemangat dan nyaris menambah gol. Kerja sama apik Negredo dan Aguero membuat nama terakhir berhasil menerobos kotak penalti, tapi saat melakukan sepakan, Lloris berada di posisi tepat untuk menggagalkannya.

Tim tamu mendapat peluang dari tendangan bebas di posisi berbahaya, tapi eksekusi Vertonghen masih dapat dijangkau Pantilimon meski sebelumnya mampu melewati pagar betis.

Spurs terus mengoperasikan serangan di lini depan, mereka merespons gol cepat City dengan baik dan menikmati penguasaan bola untuk mencari gol penyeimbang. Pantilimon beberapa kali kurang sigap dalam mengantisipasi sepak pojok, beruntung bagi tuan rumah karena Lamela tidak dapat memaksimalkan peluang dengan baik.

Di tengah agresivitas Spurs, The Citizens berhasil memanfaatkan kelengahan lini belakang lawan untuk menciptakan gol kedua. Lloris mencoba mengamankan usaha Aguero yang mendapat umpan dari Fernandinho, tapi bola jatuh di depan Negredo yang melakukan tendangan akrobatik ke aras gawang, kemudian menyentuh Sandro sebelum meluncur ke gawangnya sendiri.

3-0! Tidak lama kemudian, giliran Aguero yang memaksa Lloris memungut bola dari gawangnya. Zabaleta memberikan passing indah kepada Navas melalui sisi kanan, sementara Lamela gagal menjalankan tugasnya untuk menghentikan aliran bola. Navas kemudian meneruskan umpan kepada Agüero yang tanpa kesulitan mengubah skor menjadi 3-0.

Babak kedua

Tottenham melakukan pergantian di periode kedua dengan memasukkan Emmanuel Adebayor dan menarik keluar Lewis Holtby. Namun, upaya AVB menambah daya gedor belum membuahkan hasil karena lima menit pascajeda The Citizens malah menambah keunggulan.

Aguero mencetak gol keduanya di laga ini setelah mendapat umpan Yaya Toure. Berawal dari pergerakannya di lini tengah, di mana dia melakukan umpan dengan Fernandinho dan Negredo. Toure akhirnya memberikan umpan yang disambar sontekan Aguero.

Gol lagi! Negredo ikut mencatatkan namanya di papan skor berkat penyelesaian akhir brilian usai meneruskan assist Fernandinho yang melewati Michael Dawson. Lloris tak dapat membendung pesta gol Manchester Biru di rumahnya sendiri.

Unggul lima gol, The Citizens terus mengancam gawang lawan. Aguero hampir mencuri gol lagi tapi Kaboul melakukan tugas dengan baik untuk menghindari gol lebih banyak, setidaknya hingga menit 56.

Dembele membuat kontribusi pertama di pertandingan dengan tendangan jarak jauh yang langsung ditujukan ke gawang, namun Pantilimon cukup solid saat melakukan penyelamatan.

Dua peluang beruntun didapat City, pertama tandukan Negredo yang menerima umpan Navas namun masih belum menemui sasaran. Kemudian passing Nasri kepada Yaya Toure tak dapat dimaksimalkan pemain Pantai Gading.

Spurs berusaha menyerang setidaknya untuk mendapat gol hiburan, tapi justru tuan rumah yang mendapat gol tambahan di injury time yang dibukukan Jesus Navas. Sampai wasit meniup peluit panjang skor 6-0 tetap tak berubah.


Susunan Pemain

Manchester City: Pantilimon; Zabaleta, Demichelis, Nastasic, Clichy; Fernandinho, Yaya Toure; Navas, Aguero, Nasri; Negredo

Tottenham Hotspur: Lloris; Walker, Dawson, Kaboul, Vertonghen; Paulinho, Sandro; Lennon, Holtby, Lamela; Soldado