oleh

Mampukah Pesta Juara Leicester di Old Trafford?

news7up.com – Belum. Perjuangan Leicester City menjuarai Premier League belum selesai. Tapi di akhir pekan ini mereka punya kesempatan pertama untuk meraihnya, saat melawat ke Old Trafford menghadapi Manchester United.

Dengan tinggal ada tiga pertandingan tersisa di musim ini, Leicester tinggal butuh tiga poin lagi untuk meraih gelar juaranya. Kans pertama untuk mewujudkan hal itu datang di akhir pekan ini, Minggu (1/5/2016) malam WIB saat mendatangi The Red Devils.

Kemenangan akan membuat Leicester mengumpulkan 79 poin, unggul tujuh angka dari Tottenham Hotspur — dengan asumsi Harry Kane dkk menang dalam lawatan ke Chelsea. Dengan skenario seperti itu poin The Foxes tidak akan terkejar lagi oleh The Lilywhites (72).

Pertarungan di Old Trafford nanti tentunya tidak akan mudah, karena tuan rumah juga tengah berjuang menjaga kans masuk zona Liga Champions. Tapi Leicester tentu saja punya peluang menang, meski tanpa Jamie Vardy sekalipun. Toh, di akhir pekan lalu Leicester sudah menunjukkan kalau tanpa Vardy mereka juga bisa menang saat mengalahkan Swansea 4-0. 

Soal sejarah pertemuan, Leicester punya statistik buruk di Theatre of Dreams. Sejak era Premier League mereka cuma sekali menang dan meraih dua hasil imbang. Sementara enam lainnya berakhir dengan kekalahan.

Tapi Leicester musim ini jelas sangat berbeda dengan Leicester di musim-musim lalu. Di bawah Ranieri mereka kini cuma berjarak selangkah dari titel juara Liga Inggris. 

Ingat bagaimana Leicester membuat kejutan dengan menjungkalkan Manchester City 3-1 di Etihad Stadium pada Februari lalu? Di Old Trafford akhir pekan ini mereka punya potensi kejutan yang sama besar. Terlebih titel juara sudah menunggu di depan mata.

Kalaupun skenario berjalan berbeda dan Leicester kalah di tangan MU, dua hari berselang pesta tetap digelar pemain-pemain Leicester. Titel akan dipastikan menjadi milik ‘Si Rubah’ jika Tottenham kalah dalam lawatan ke Chelsea, Selasa (3/5/2016) dinihari WIB.

Dari laga ini peluang Leicester juara juga besar. Soalnya The Lilywhites punya rekor buruk di Stamford Bridge. Spurs sudah lama tidak menang di Stamford Bridge. Kemenangan terakhir Spurs di kandang Chelsea itu terjadi pada tahun 1990, alias 26 tahun silam. 

Tapi jika Leicester kalah dan Spurs meraih hasil imbang, maka penentuan juara akan dilanjutkan ke pekan selanjutnya.

Penghuni posisi tiga klasemen, Manchester City, akan mencoba menjaga keikutsertaan mereka di Liga Champions saat bertamu ke Southampton. The Citizens saat ini mengoleksi 64 poin, sama dengan Arsenal yang berada di bawahnya. 

Arsenal akan menghadapi laga yang berpotensi didapatnya tiga poin saat menjamu Norwich City. The Canaries saat ini berada di posisi teratas zona degradasi dengan 31 poin dipunya.

Dari papan bawah, Newcastle United akan melanjutkan upayanya menyelamatkan diri dari jeratan degradasi. Setelah meraih empat poin dari dua pertandingan terakhir, skuat besutan Rafael Benitez punya kans untuk terus mengumpulkan angka saat menjamu Crystal Palace. Kemenangan atas Palace akan membuat The Magpies mengumpulkan 33 poin dan naik ke posisi 17, namun dengan catatan Norwich (31) dan Sunderland (31) menelan kekalahan.