oleh

Louis Van Gaal Jadikan Robin Van Persie Kapten Baru Di Manchester United?

Belanda akan memperebutkan posisi ketiga melawan Brasil sebelum duet Oranje itu kembali ke Old Trafford untuk musim baru, di mana keduanya mungkin akan menghadirkan duet krusial.

Era sedang berubah di Manchester United. Louis van Gaal memulai peran barunya sebagai manajer klub setelah Piala Dunia dan, dengan kepergian Nemanja Vidic ke Inter, ia akan ditugaskan untuk menunjuk kapten pengganti.

United tentu tidak kekurangan kandidat untuk memiliki sosok lain seperti Sir Bobby Charlton, Bryan Robson, Eric Cantona dan Roy Keane yang mengapteni salah satu klub terbesar dan paling sukses di dunia sepakbola.

Wayne Rooney, yang sudah berada di Old Trafford selama hampir satu dekade sejak menuntaskan kepindahan dari Everton, tidak diragukan lagi akan menjadi salah satu opsi – ban kapten mungkin akan membuatnya mengeluarkan kemampuan terbaik.

Striker Inggris itu mengalami penampilan naik dan turun selama beberapa tahun terakhir bersama The Red Devils, namun semua indikasinya adalah ia masih akan menjadi kunci penting dari rencana klub ke depan – dan ia adalah figur sentral dari peluncuran jersey United yang baru, yang disponsori oleh Chevrolet, pekan ini.

Patrice Evra, wakil kapten di bawah manajemen sebelumnya, mungkin akan dipromosikan untuk naik tangga karena memiliki pengalaman di level klub dan internasional selagi sosok seperti Michael Carrick dan Darren Fletcher juga bisa masuk sebagai kandidat.

Tapi Robin van Persie tak diragukan lagi adalah yang terfavorit dan mungkin akan dipatenkan oleh Van Gaal.

Mantan striker Arsenal ini, yang mengemban ban kapten saat musim terakhirnya di Emirates Stadium, adalah kaptennya Van Gaal di Piala Dunia, di mana Belanda menjadi salah satu tim paling impresif di turnamen tersebut.

Sebagai striker bintang United, berdampingan dengan Rooney, Van Persie mendapatkan respek dari rekan setimnya dan dia adalah tipe pemain yang mampu memikul tanggung jawab dan menjadi andalan timnya.

Setelah mengalami musim sulit yang melihat ia kesulitan untuk menyamai musim debutnya di Old Trafford, di mana ia memimpin United dalam meraih gelar dengan 26 gol di liga, tentu ada harapan bahwa Van Persie akan lebih bersemangat untuk menandai musim 2014/15 dan terlebih ketika Anda memperimbangkan hubungan khususnya dengan Van Gaal.

Penyerang United itu begitu menghargai pria 62 tahun yang pernah menukangi Bayern ini dan, pasangan ini memiliki respek yang mirip dengan kerja sama antara Van Persie dan orang yang mendatangkannya ke Manchester, Sir Alex Ferguson.

Anda hanya perlu melihat selebrasi sang striker di Piala Dunia untuk melihat bagaimana kedekatan keduanya, dengan Van Persie yang tak sungkan untuk menuju pinggir lapangan guna membalas ‘high five’ dari sang bos tim nasional setelah mencetak gol sundulan spektakuler dalam kemenangan 5-1 atas Spanyol.

Jadi, selagi sosok seperti Rooney, Carrick, Evra dan Fletcher yang semuanya memiliki legitimasi untuk mendapatkan ban kapten, Van Persie kiranya adalah pilihan yang nyata.

Apakah ia dipuja oleh para fans? Ya. Apakah dia dihormati oleh rekan-rekannya dan akankah ia memimpin di depan? Tak diragukan lagi. Apakah dia memiliki hubungan yang baik dengan sang manajer? Jelas.

Van Persie sukses mencetang semua kotak dalam bahasan itu. Kini terserah Anda, Tuan Van Gaal.