oleh

Louis Van Gaal Bangga atas Kesuksesan Barcelona dan Bayern Munich

Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal mengaku bangga dengan anak didiknya di Barcelona dan Bayern Munich sehingga mereka bisa membawa klubnya masing-masing berjaya di level domestik maupun Eropa dalam beberapa tahun terakhir ini.

Van Gaal adalah pelatih yang memberikan debut bagi pemain bintang Barca seperti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez ketika ia melatih Barca. Ia juga mempromosikan Thomas Muller dan David Alaba saat menukangi Bayern Munich.

“Ketika saya melihat Barcelona bermain dengan empat pemain yang saya orbitkan, termasuk Bayern, hal tersebut membuat saya senang dan bangga. Pemain semacam Xavi, Iniesta, Motta, Muller, atau Alaba ternyata cocok bermain di posisinya,” ujar Van Gaal di laman resmi FIFA.

“Misalnya, saya sempat berbicara kepada Alaba tentang posisi bek kiri. Dia tidak ingin bermain di posisi itu karena dia dididik sebagai gelandang. Tetapi saya punya posisi lowong baginya karena cedera pemain dan saya rasa dia bisa melakukannya. Pada akhirnya dia bermain di posisi itu karena dia ingin membantu tim. Nah, di manakah posisi dia sekarang? Full-back kiri!”

“Ketika saya melatih klub baru, saya selalu ingin mempertahankan satu staf pelatih di klub baru itu dan orang itu adalah Hermann Gerland yang kini masih bekerja bersama Pep Guardiola. Dari mereka, saya mengetahui siapa saja yang bagus dari tim akademi. Dia [Gerland] yang mengatakan kepada saya, ‘Muller, Badstuber, dan Alaba’.”

“Jadi saya membolehkan mereka berlatih bersama tim utama, lalu saya menganalisisnya dan memutuskan di manakah mereka akan bermain. Badstuber, yang aslinya adalah bek kiri, saya geser posisinya sebagai bek sentral kiri,” imbuh Van Gaal.