oleh

London & Munich Berebut Jadi Tuan Rumah Euro 2020

UEFA telah mengumumkan, London (Inggris) dan Munich (Jerman) menjadi bakal calon penyelenggara putaran semi-final dan final Euro 2020 dengan keputusan akhir akan ditentukan pada 19 September mendatang.

Seperti diketahui, UEFA sebelumnya memutuskan bahwa Piala Eropa ke-16 ini akan berbeda format dengan sebelumnya, yakni diselenggarakan di 13 kota Eropa yang sekaligus akan menjadi peringatan 60 tahun turnamen tersebut.

Lebih dari 30 federasi sepakbola di Eropa lalu menyatakan minatnya untuk menjadi salah satu dari 13 kota tuan rumah yang akan dipilih. Pencalonan tuan rumah ini dibagi menjadi dua paket, yakni standar dan final. Pemenang tuan rumah ‘paket final’ akan berhak menyelenggarakan dua partai semi-final dan final, sementara ‘paket standar’ akan menyelenggarakan fase grup, 16 besar, dan perempat-final.

Meski demikian, hanya Inggris dan Jerman yang memilih ‘paket final’ ini – membuat Wembley Stadium dan Allianz Arena menjadi kandidat terkuat untuk menggelar dua partai semi-final dan satu partai final. Sebelumnya, Istanbul, ibu kota Turki, juga turut bersaing dengan London dan Munich, tetapi mengundurkan diri setelah Federasi Sepakbola Turki bersikeras dengan penyelenggaraan kompetisi di satu negara.

Adapun kota-kota lain yang siap bersaing di paket standar adalah Baku, Minsk, Brussels, Sofia, Copenhagen, Skopje, Budapest, Yerusalem, Roma, Amsterdam, Dublin, Bucharest, St Petersburg, Glasgow, Bilbao, Stockholm, dan Cardiff.

“Kami sangat senang banyak yang berminat menjadi tuan rumah UEFA Euro 2020,” ujar presiden UEFA Michel Platini. “Ini akan menjadi momen bersejarah di mana laga akan dilangsungkan di banyak negara di Eropa. Perubahan format ini juga akan bermanfaat bagi fans dan bagi federasi sepakbola negara setempat.”